Air Terjun Sikarim

air terjun sikarim

Air Terjun Sikarim merupakan salah satu air terjun terindah yang ada di Dieng Plateau. Air terjun ini berada di bawah Desa Sembungan yang terkenal sebagai Desa tertinggi di Pulau Jawa serta kemahsyuran golden Sunrise Dieng dari puncak Gukit Sikunir. Air Terjun Sikarim memiliki ketinggian lebih dari 100 meter sehingga air yang jatuh dan merayap di tebing bukit membaur bersama udara tampak begitu selaras dan menakjubkan.

Air Terjun Sikarim memiliki daya tarik tersendiri diataranya memiliki pemandangan alam sekitar yang khas, lokasinya jauh dari pemukiman sehingga hutan disekelilingnya masih rimbun, areanya dikelilingi pegunungan Dieng yang masih terselimuti hutan pakis serta tumbuhan lainnya. Kabut tipis terkadang mulai membalut Air Terjun Sikarim sehingga membuat suasana terasa sangat romantis.

Air Terjun Sikarim telah masuk ke dalam daftar tujuan atau obyek wisata Dieng, akan tetapi masih banyak wisatawan yang belum mengetahui keberadaan air terjun ini. Jaraknya memang terpisah dari obyek wisata di Dieng lainnya seperti telaga, kawah ataupun candi-candi yang terletak tepat di Plateau Dieng akan tetapi obyek wisata Air Terjun Sikarim sangatlah cocok sebagai tujuan wisata petualangan atau untuk Anda pecinta lintas alam. Jalan menuju lokasi air terjun memang belum bisa dilewati sempurna oleh kendaraan baik roda empat ataupun roda dua jadi sangat cocok untuk Anda para penikmat alam.

Menyusuri ladang-ladang pertanian kentang, sayur mayur, kebun carica, serta berjalan diantara perbukitan yang masih alami dan ditumbuhi pakis-pakis hutan yang menghijau menjadi daya tarik tersendiri untuk mengisi liburan Anda ke Dataran Tinggi Dieng ke tempat atau obyek wisata anti maistream dan jarang dikunjungi wisatawan ini. Diperjalanan menuju Air Terjun Sikarim Anda juga bisa menyaksikan tanaman wasabi atau yang sering disebut juga jahe Jepang yang ditanam di kanan kiri jalan bahkan terkadang Anda akan menjumpai beberapa petani dengan ramah, murah senyum dan sapa yang tulus yang masih menjunjung adat ketimuran. Sampailah Anda ke lokasi Air Terjun Sikarim. Air terjun ini letaknya tersembunyi diantara rumput gajarh dan pakis-pakis pegunungan. Anda dapat merayapi bebatuan dimana air terjun ini mengalir hingga hilir. Sempatkanlah untuk sekedar cuci muka bahkan mandi di Air Terjun Sikarim. Air Terjun Sikarim bermata air alami dari perbukitan atasnya sehingga kesegaran air pegunungan masih bisa wisatawan rasakan. Tempat ini juga cocok untuk mengabadikan moment terindah Anda ketika berkunjung ke Dieng dan rasa lelah akan segera hilang bersama segarnya air asli pegunungan di obyek wisata Air Terjun Sikarim.

Air Terjun Sikarim terletak diantara dua desa yakni Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar dan Desa Mlandi, Kecamatan Garung yang masuk ke dalam ranah Kabupaten Wonosobo jadi ada dua jalur yang dapat dipilih oleh para wisatawan menuju lokasi Air Terjun Sikarim. Jika dari arah Kota Wonosobo Anda bisa menggunakan jalur yang diambil dari Garung yakni ada jalan menuju Telaga Menjer. Bila melalui jalur ini medan tracknya menanjak melewati beberapa desa. Jalur yang kedua yakni dari Desa Sembungan. Jalur ini memiliki medan track menurun, lebih riskan jika menggunakan kendaraan dan lebih baik ditempuh dengan berjalan kaki saja.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*