Batu Pandang

batu pandang

Batu Pandang merupakan perbukitan dengan batu-batu terjal vulkanik membentang di sepanjang lereng Gunung Sikendil Dieng. Mengunjungi Batu Pandang ialah cara terbaik wisatawan untuk menyaksikan bentang alam indah dan menjelajahi berbagai spot tersembunyi di Dieng Plateau.

Melewati jalan setapak berundak dengan tangga-tangga alami yang disusun rapi adalah titik awal mencapai tempat ini. Masyarakat sekitar juga menamakan Batu Pandang sebagai Batu Ratapan Angin. Dimana Anda dapat menatap keindahan Dieng di balik bebatuan vulkanik raksasa. Sambil menghitung beberapa tangga perjalanan pendek pun akan segera berakhir, Anda akan mendapati diri Anda di tengah-tengah area perkebunan kentang serta sayur mayur terbentang begitu luasnya. Pohon-pohon carica juga menjadi pagar hidup disepanjang jalan menuju area Batu Pandang. Bebatuan terjal bekas letusan akan membawa Anda seperti berjelajah di negeri imaginasi yang tertera dalam film Avatar dengan pohon akasia bergelantungan menumbuhi batu-batu vulkanik itu.

Setelah sampai di area Batu Pandang, rasa lelah akan segera hilang, kesibukan serta hiruk-pikuk kota metropolitan juga terlupakan. Anda akan dihadiahi pemandangan spektakuler. Dua telaga menjadi satu, Telaga Warna dan Telaga Pengilon dengan warna hijau jernih seperti permata terlihat di balik batu besar nan gagah. Para wisatawan akan merasa tertantang untuk segera berbegas duduk di atas Batu Pandang hingga menemukan foto-foto terbaik pilihan mereka.

Batu pandang memberikan spot objek yang luas sehingga para wisatawan dapat bebas memilih dan menjangkaunya. Perbukitan mungil dengan batu-batu vulkanik besar menghiasi area ini. Ada banyak fenomena alam memukau yang dapat disaksikan dari Batu Pandang yakni indahnya warna-warni Telaga Warna dan gemerlap Telaga Pengilon, Plateau Dieng, Gunung Prau dan Kawah Sikidang.

Bersantailah sejenak di Batu Pandang sembari menghirup udara segar sambil mengagumi alam Dieng nan megah karena Dieng adalah surganya para penikmat alam. Sesekali Anda akan mendapati para petani kentang yang sedang berkebun di area obyek wisata ini. Mereka akan menyapa dengan senyum nan ramah ketika Anda ikut berbaur dengannya.

Obyek Wisata Populer

Batu Pandang termasuk obyek wisata popular dan terbaru di kawasan Dieng Plateau. Tempat ini mulai naik daun di permulaan tahun 2014 silam yang tersebar cepat melalui social media Instagram. Batu Pandang terletak dekat dengan Dieng Plateau Theater yaitu sebuah gedung yang menyajikan film dokumentasi tentang Dieng. Dari sinilah Anda bisa memarkirkan kendaraan dan segera berbegas menuju kawasan obyek wisata terbaik ini.

Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 7 menit dengan panjang perjalanan 2 km jika dari pertigaan utama Dieng. Tidak ada akses transportasi umum masuk ke area Batu Pandang, jadi para wisatawan dianjurkan menggunakan kendaraan pribadi sendiri atau berjalan kaki. Batu Pandang juga bisa dijangkau dari kawasan Konservasi Telaga Warna dan Telaga Pengilon dengan menaiki ratusan tangga dan menyusuri ladang-ladang pertanian kemudian tibalah di tempat fenomenal berbebatuan terjal berlatar belakang utama Telaga Warna dan Telaga Pengilon.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*