Bukit Sidengkeng

Bukit Sidengkeng

Bukit Sidengkeng merupakan tempat paling direkomendasikan untuk menyaksikan keindahan bentang alam dua telaga terkenal di Dataran Tinggi Dieng yaitu Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Dari puncak Bukit Sidengkeng dua telaga ini tampak anggun dengan memancarkan warna hijau cerah serta coklat berbingkai perbukitan, lahan pertanian dan hutan. Bukit Sidengkeng telah dijadikan sebagai obyek wisata andalan bagi para pecinta photography landscape baik dikalangan wisatawan domestic atau wisatawan mancanegara.

Bukit Sidengkeng masih berada dalam satu kawasan Telaga Warna dan Telaga Pengilon Dieng. Bukit ini memiliki ketinggian kurang lebih 185 meter. Sebelum mencapai puncak para pelancong akan diajak menyusuri jalan setapak berupa tanah yang dibuat tangga-tangga kecil. Jalanan menanjak dan sedikit berliku menembus pepohonan cemara dan akasia akan memberi nuansa menyatu dengan alam. Setelah berjalan mendaki bukit kurang lebih 20 menit, puncak Bukit Sidengkeng akan memberi Anda imbalan dengan pemandangan eksotis berupa hijaunya Telaga Warna serta jernihnya Telaga Pengilon berbackground landscape Gunung Sindoro dan perbukitan sekitar yang terkadang terbalut awan dan terlihat sangat anggun ketika Anda bisa menggapai puncak bukit.

Bukit Sidengkeng memiliki puncak datar, jadi Anda dapat secara leluasa menemukan berbagai spot objek sesuai keinginan. Bersantailah dan nikmatilah pemandangan alam spektakuler dari puncak bukit di bawah pepohonan cemara nan rindang untuk menyejukkan diri dan Anda benar-benar akan merasakan perjalanan liburan sebenarnya.

Waktu terbaik mengunjungi Bukit Sidengkeng ialah ketika musim kemarau tiba seperti di Bulan Juli, Agustus dan September pada pukul 10.00 dini hari hingga pukul 02.30 sore sebelum kabut menyelimuti lembah. Warna-warna yang terpancar dari telaga warna akan terlihat lebih cerah apalagi beratapkan langit biru. Ketika musim penghujan mulai tiba seringnya para wisatawan akan mendapati Telaga Warna dan Telaga Pengilon berselimutkan kabut tipis, kurangnya pancaran sinar matahari ke permukaan air maka berkurang juga keindahan yang terpancarkan dari permukaan telaga, jadi waktu yang tepat untuk membidik keindahan dua telaga ini ialah saat musim kemarau.

Letak Bukit Sidengkeng

Bukti Sidengkeng merupakan jalur lintas alam yang tepat bagi para pecinta petualang dan landscape. Untuk menuju Bukit Sidengkeng sangatlah mudah karena masih di kawasan Plateau Dieng yang berada pada ketinggian 2.093. Terletak tepat di sebelah selatan pintu masuk utama area konservasi sumber daya alam Telaga Warna dan Telaga Pengilon menjadikan tempat ini mudah untuk di temukan. Bukit Sidengkeng masuk kedalam area Wana Wisata Petak Sembilan di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Dari pertigaan Dieng, berbeloklah kekiri menyusuri jalan raya Telaga Warna sejauh 1,1 km, 3 menit berkendara atau 15 menit berjalan kaki. Jalur ini tidak dilalui public transportasi seperti mikro bus sebagai angkutan umum jurusan Wonosobo-Dieng-Batur jadi Anda harus menggunakan kendaraan sendiri.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*