Bukit Sikunir

bukit sikunir

Di Puncak Bukit Sikunir 2.345 m.dpl (di atas permukaan laut) Anda dapat merasakan sejuknya udara alami Dieng serta indahnya panorama alam ketika matahari muncul dari peraduannya. Kita dapat menyaksikan matahari terbit pertama di Dieng Plateau yaitu matahari emas atau sebutan tenarnya ialah Golden Sunrise Dieng. Fenomena Golden Sunrise Dieng yang dilihat dari atas Bukit Sikunir muncul begitu indah dengan latar belakang Gunung Sindoro dan Pegunungan Tlerep memanjang di area kecamatan Kejajar.

Sejak zaman dahulu Bukit Sikunir memang sering di datangi para peziarah yang hendak melihat keindahan matahari terbit di Dieng Plateau, akan tetapi nama Bukit Sikunir mulai naik daun di pertengahan tahun 2012 silam. Sunrise yang dilihat dari puncak Bukit Sikunir memang patut di acungi jempol karena keindahaannya yang sengat mengagumkan. Tak heran ribuan wisatawan berbondong-bondong ke tempat ini ketika weekend atau hari libur tiba untuk menyaksikan Golden Sunrise Sikunir.

Para wisatawan akan mendapatkan the best moment ketika sinar matahari yang berwarna merah keemasan mulai muncul secara perlahan-lahan dari balik pegunungan yang terletak tepat di hadapan Anda. Sinar Golden Sunrise Sikunir akan segera menyapu keheningan serta ketenangan di sekitarnya hingga terlihat bulat utuh yang mampu membius para wisatawan sebagai pembuka hari nan cerah ketika mereka mengadakan perjalanan liburan di Dieng.

Dataran Tinggi Dieng sebuah pegunungan yang sering diliputi oleh kabut atau awan. Ketika cuaca sedang mendukung terkadang dari Puncak Bukit Sikunir bersamaan dengan munculnya Golden Sunrise terlihat gumpalan awan melayang-layang di atas udara seperti gulungan kapas bagai ombak. Nuansa pagi hari akan tampak begitu apik, inilah yang menjadi dream journey bagi setiap pengunjung untuk mendapatkan moment yang tak terkira harganya dan moment inilah telah membawa nama Dieng ke mata dunia. Peristiwa tersebut terkenal dengan sebutan” Dieng negeri di atas awan”. Suasana ini sering muncul ketika pergantian musim antara musim kemarau ke musim penghujan atau sebaliknya dari musim penghujan menuju musim kemarau yang waktunya masih terbilang misteri tergantung cuaca dan keberuntungan.

Letak Bukit Sikunir

Secara gografis Bukit Sikunir terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar yang masih masuk kedalam wilayah Wonosobo Regency. Desa Sembungan juga dikenal sebagai desa tertinggi di Pulau Jawa, jadi area ini dekelilingi oleh puluhan pegunungan yang ada di Dieng Plateau. Tidak ada akses umum menuju Bukit Sikunir sebagai tempat menyaksikan golden sunrise Dieng yang indah itu, jadi Anda harus membawa kendaraan sendiri.

Jarak Dari Kota Wonosobo

Jarak dari pusat Kota Wonosobo kurang lebih 31 km menuju arah area parkir Bukit Sikunir dengan estimasi waktu tempuh kurang lebih 1 jam 15 menit perjalanan tanpa macet. Jika Anda menginap di Wonosobo direkomendasikan untuk start menuju Bukit Sikunir pada pukul 03.00 dini hari karena harus mendaki bukit terlebih dahulu yakni 30 menit dengan berjalan kaki, waktu tersebut sangat ideal bagi Anda yang menggunakan akomodasi di Pusat Kota Wonosobo. Untuk mereka yang menggunakan akomodasi di Dieng, biasanya start pukul 04.00 am karena hanya berjarak 6 km menuju area parkir Bukit Sikunir. Bukit Sikunir terletak 6 km dari Desa Dieng.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*