Gardu Pandang Tieng

gardu pandang tieng

Gardu Pandang Tieng atau photo stop terletak pada ketinggian 1.789 m.dpl (meter di atas permukaan laut). Di tempat inilah sejuknya udara pegunungan dan deretan perbukitan serta gunung-gunung menjulang tinggi menjadi suguhan utama. Angin semilir terhembus dari sela-sela pegunungan mampu mengobati rasa lelah, setelah sekian lama melakukan perjalanan dari luar kota menuju Dataran Tinggi Dieng.

Gardu Pandang Tieng merupakan obyek wisata di Dataran Tinggi Dieng yang dikunjungi para wisatawan untuk pertama kalinya. Sejuknya hawa pegunungan serta indahnya panorama alam menjadi pembuka manis perjalanan liburan Anda. Tampak desa-desa tersebar luas tepat di hadapan Anda, diperindah lekuk Sungai Serayu serta ladang-ladang kentang yang merayap sampai kepuncak-puncak perbukitan sehingga membentuk seperti lukisan nyata.

Di Gardu Pandang Tieng para wisatawan dapat menikmati matahari terbit yang pertama kali dan sering disebut juga sebagai golden sunrise Dieng yakni cahaya matahari terbit dengan warna merah keemasan. Pemandangan sunrise terlihat apik dengan background landscape Gunung Sindoro, Pegunungan Tlerep, Desa Rojowali, Desa Lobang, Desa Surengedhe, serta Desa Kejajar. Gardu Pandang Tieng memang digunakan sebagai tempat alternative ketika para wisatawan enggan melihat matahari terbit Dieng dari puncak Bukit Sikunir atau Gunung Prau. Gardu Pandang Tieng sangat mudah dijangkau oleh siapapun karena terletak persis di sebelah jalan raya utama Wonosobo-Dieng. Untuk melihat sunrise juga tidak membutuhkan waktu lama atau mendaki terlebih dahulu dan Anda dapat langsung menyaksikan secara real ketika sang mentari terbit dari peraduannya.

Warna sinar matahari merah keemasan akan muncul secara perlahan-lahan dari balik pegunungan. Sinarnya akan segera menyambut pagi hari nan cerah serta ketenangan di sekitarnya hingga muncul bulat seutuhnya. Ketika sinar matahari mulai merekah dari balik pegunungan, terkadang terlihat pemandangan eksotis seperti kabut tipis melayang-layang di udara menyelimuti area perkampungan di bawahnya bahkan tampak seperti awan yang berarak-arak menuju lembah ikut menyambut pagi hari dengan riang gembira.

Letak Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng terletak di Desa Tieng, Kecamatan Kejajar dan memasuki Kabupaten Wonosobo. Gardu Pandang Tieng memang berada sebelum desa Dieng yakni di Jalan Raya Wonosobo-Dieng km. 19 Wonosobo. Waktu yang ditempuh dari pusat Kota Wonosobo dengan berkendara hanya sekitar 29 menit dengan catatan jalan lancar tanpa terhalang macet.

Gardu Pandang Tieng terletak pada ketinggian 1.789 m.dpl jadi pemandangan yang disajikan pun sangat dramatis. Area ini hampir mendekati pusat Dieng Plateau dan berjarak kurang lebih 5,9 km lagi dengan waktu tempuh 11 menit. Perjalanan kelak-kelok, serta ditemani ladang-ladang hijau sayur mayur berterasiring rapi menjadi sambutan utama dan semakin menambah asyiknya perjalanan menuju Dieng Plateau Area.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*