Gunung Pangonan

Gunung Pangonan

Gunung Pangonan merupakan salah satu daftar nama gunung di Dataran Tinggi Dieng yang memiliki ragam panorama alam spektakuler. Gunung ini bisa dilintasi setiap pelancong khususnya para pecinta pejalan kaki atau pendakian. Gunung Pangonan memiliki ketinggian 2.308 m.dpl (meter di atas permukaan laut) tepatnya berada di sebelah barat yang membatasi Plateau Dieng atau Dataran Tinggi Dieng. Gunung Pangonan sangatlah cocok bagi Anda para pecinta lintas alam dan merupakan cara terbaik untuk menyimak serta menyaksikan beberapa bentang alam indah di Dataran Tinggi Dieng.

Jika dilihat dari ketinggian atau jarak jauh, Gunung Pangonan memiliki bentuk bulat dan lebar yang merupakan sebuah gunung yang jarang ditemui diantara gunung-gunung di Dataran Tinggi Dieng lainnya. Gunung ini memiliki cekungan raksasa mirip seperti mangkok. Konon telah terjadi letusan dahsyat pada ribuan tahun silam sehingga membentuk kubangan kawah atau kapundan kawah raksasa. Saat ini kapundan kawah atau bekas letusan vulkanik tersebut tidaklah aktif atau mengeluarkan air kawah akan tetapi telah di tumbuhi semak-semak liar. Bekas kapundan kawah yang ada di tengah-tengah Gunung Pangonan inilah yang sering dikenal sebagai lembah sumurup atau padang savana Dieng Plateau.

Jalur yang biasa dilalui oleh wisatawan ketika hendak mendaki Gunung Pangonan ialah jalur yang diambil dari arah barat yakni dari atas Museum Kailasa. Jalur ini merupakan jalur tarpanjang. Lama pendakian hingga sampai puncak menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam dan Anda akan mebutuhkan waktu kurang lebih 1 jam lagi setelah sampai puncak untuk mengelilingi Gunung Pangonan menyisiri bibir gunung agar mendapatkan panorama alam langka. Jalur pendakiannya masih alami yakni jalan setapak berupa tanah dengan track menanjak yang masih rimbun di tumbuhi semak serta pepohon akasia gunung. Sesekali Anda akan berjalan merunduk beberapa saat melewati lorong-lorong mungil diantara tanaman rumput gajah yang akan membuat perjalanan petualangan Anda penuh sensasi.

Kenikmatan pendakian atau lintas alam akan dirasakan setiap wisatawan. Anda akan mendengar suara alam berupa kicauan burung bersahutan yang akan menghantarkan Anda ketempat –tempat paling mempesona. Rasa lelah akan segera terobati meskipun telah berjalan mendaki bermedan track panjang. Pertama para wisatawan akan disuguhi landscape Dieng Plateau dari ketinggian, disinilah terlihat komplek candi-candi Dieng, desa-desa Dieng serta pegunungan yang mengelilingi Dieng Plateau.

Pemandangan akan terlihat begitu sempurna setelah menyusuri hutan hijau dan semak belukar. Berpalinglah ke sebelah kanan jalan setapak, ada sebuah telaga nan indah di kelilingi perbukitan tampak disana yang kaki-kaki bukitnya melandai hingga kebatas permukaan air, telaga inilah yang disebut Telaga Merdada. Telaga Merdada tampak begitu sempurna jika dilihat dari Puncak Gunung Pangonan. Tidak kalah pemandangan yang ada diseberangnya tepatnya di sebelah kiri jalan sebuah cekungan besar membentuk seperti mangkuk raksasa yang ditumbuhi semak-semak berwarna kuning kecoklatan berbingkai hutan akasia, landscape alam inilah yang akan didapatkan ketika berpetualang ke Gunung Pangonan. Tampak barisan pegunungan seperti Gunung Sindoro, Gunung Slamet, Gunung Prau serta gunung-gunung lainnya yang ada di Dieng Plateau yang dihiasi indahnya ladang-ladang pertanian berpetak dan berterasiring.

Gunung Pangonan telah dibuka umum oleh dinas pariwisata terkait sebagai daftar obyek wisata Dieng yakni tempat melihat matahari terbit. Tidak hanya sunrise saja yang dapat dinikmati para wisatawan, disinilah di Gunung Pangonan Sunset Dieng nan cantik juga dapat disaksikan. Lokasinya memang sangat sempurna sehingga baik sunrise atau sunset Dieng bisa dinikmati.

Diakhir perjalanan para pendaki bisa menyusuri padang savana yakni menikmati ketenganan, kedamaian bersama rerumputan berbisik serta bisa menyaksikan area kawah aktif yakni Kawah Sikidang ditengah-tengah perjalanan pulang. Kawah ini tampak begitu cantik dan leluasa dari puncak gunung dengan warna kontras berhiaskan gumpalan asap putih geothermal membumbung tinggi memudar diangkasa . Landscape Dieng Plateau area, pegunungan Dieng, Telaga Merdada, Padang Savana, sunriseDieng, sunset Dieng, serta Kawah Sikidang dan pemandangan alam mengagumkan lainnya merupakan rentetan panorama alam yang dapat disaksikan di Gunung Pangonan Dieng Plateau.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*