Gunung Prau

Gunung Prau Dieng

Gunung Prau merupakan puncak tertinggi di Dataran Tinggi Dieng. Gunung ini memanjang dari ujung selatan hingga ujung utara yang meluas hingga ke beberapa wilayah yakni wilayah Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal serta Kabupaten Temanggung. Gunung Prau menjadi satu-satunya gunung di Dieng Plateau yang memiliki puncak datar paling luas, sehingga tempat ini mampu menampung ribuan pendaki. Jika di lihat secara kasat mata memang gunung ini memiliki bentuk mirip dengan perahu yang berposisi terbalik, inilah yang menjadi asal mula nama dari Gunung Prau Dieng.

Saat ini Gunung Prau telah dikembangkan sebagai tujuan wisata utama di Dataran Tinggi Dieng berkategori wisata adventure pendakian yang dikelola langsung oleh Penduduk lokal Dieng, Patak Banteng, Kalilembu beserta kantor pariwisata terkait (Wonosobo dan Banjarnegera) atas izin dari Dinas Perhutani. Gunung Prau merupakan pilihan obyek wisata yang tepat karena akan memberikan wahana luas bagi wisatawan pecinta petualangan, fotografi ataupun sekedar berjalan-jalan menikmati keindahan alam Dieng dari puncak tertinggi ini.

Saat weekend ataupun musim liburan tiba, ribuan pendaki berbondong-bondong menuju ke puncak tertinggi di Dieng ini. Kebanyakan dari mereka ialah anak-anak muda. Gunung Prau mulai naik daun dan ramai dikunjungi wisatawan sejak permulaan tahun 2013 silam. Medan tracking menuju puncak Gunung Prau lumayan jauh, yakni berjalan mendaki kurang lebih 2,5 jam hingga 4 jam perjalanan tergantung dari pos mana Anda memulai.

Pos Pendakian Gunung Prau

Ada tiga pos pendakian Gunung Prau yang sering dilalui para wisatawan yaitu pos pendakian Desa Patak Patak Banteng, pos pendakian dari Desa Kalilembu dan pos pendakian dari Desa Dieng. Pos pendakian yang paling dekat yakni dari Desa Patak Banteng akan tetapi medan yang dilalui lumayan berat dengan track tegak, waktu yang dibutuhkan hanya 2,5 hingga 3 jam. Jika menginginkan medan standard, biasanya para pendaki melalui pos pendakian Desa Kalilembu dan Desa Dieng. Dari ke dua titik ini medan yang dilalui tidak terlalu berat akan tetapi membutuhkan waktu lumayan lama 3 jam hingga 4 jam perjalanan.

Gunung Prau Dieng dikenal oleh kalangan wisatawan pecinta landscape karena keindahan panorama alamnya. Anda akan di suguhi pemandangan menakjubkan yang terlihat dari Puncak Gunung Prau. Semua area Dieng Plateau dapat Anda saksikan di sini. Telihat pegunungan dan lekuk lembah, area pertanian berterasiring yang merayap hingga puncak-puncak bukit,hamparan rumah-rumah penduduk, hutan rimbun bahkan telaga fenomenal yaitu Telaga Warna dan Telaga pengilon juga tampak dari puncak Gunung Prau ini.

Bukti Teletubbies

Gunung Prau terkenal dengan julukan “Bukti Teletubbies”. Ribuan perbukitan mungil yang ditumbuhi warna warni bunga daisy memanjang menyelimuti puncak gunung ini. Gunung Prau Dieng juga menjadi tempat favorite untuk menyaksikan fenomena matahari terbit ketika sang fajar mulai tiba. Secara perlahan-lahan matahari muncul dengan warna gemerlap kuning keemasan di balik pegunungan menyapu kedinginan dan ketenangan di area Bukit Teletubbies serta diperindah gunung-gunung besar di Jawa Tengah yakni Gunung Merbabu, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing sebagai background landscape nan megah. Jika cuaca sedang mendukung sering terlihat gulungan awan berarak-arak seperti lautan menyelimuti lembah. Saat inilah Anda dapat menyaksikan “Dieng negeri di atas awan” dari puncak tertingggi di Dieng Plateau yaitu Gunung Prau.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*