Itinerary Paket 1 Hari

Jam Program Tour
Day 1
07.00-10.00 Biarkan crew kami membawa Anda menuju Dieng, negeri yang melampaui imaginasi bercerita tentang alam. Dari sunrise menawan (optional), pegunungan menjulang, kawah mendebarkan, bangunan candi-candi kuno serta danau hijau jernih. (Jika peserta tour hendak mengikuti program one day tour + sunrise, direkomendasikan untuk start dari meeting point yang direkomenasikan seperti Yogyakarta = 12.01 am, Purwokerto = 12.30 am, Magelang = 01.00 am, Wonosobo = 03.00 am. Untuk one day tour + sunrise selesai tour Dieng pukul 10.00 am setelah mengunjungi Sunrise Sikunir, Telaga Cebong, Candi Arjuna, Kawah Sikidang, Dieng Theater, Batu Pandang / Telaga Warna dilanjutkan kembali ke meeting point semula, sampai ke meeting point semula kira-kira pukul 13.00 pm)
10.00-10.30 Tiba di kota kecil yang terkenal sebagai kota sejuk yaitu Wonosobo kemudian menikmati sajian makan siang.
10.30-11.30 Impian telah menanti untuk menyapa alam Dieng. Perjalanan panjang dan berliku selama kurang lebih 35 menit berkendara, Anda akan berada diantara luasnya area ladang-ladang pertanian dan tingginya gunung-gunung menjulang hingga terhenti di ketinggian 1.789 m.dpl di sebuah bangunan kecil tanpa dinding. Inilah yang disebut Gardu Pandang Tieng dimana para wisatawan dapat meneropong keindahan deretan pegunungan berbaris rapi diantara lembah, ladang-ladang kentang serta rumah-rumah penduduk terhampar nyata di hadapan Anda. Angin semilir menandakan sejuknya hawa di pegunungan Dieng.
11.30-12.30 Letih, lelah, bosan akan segera terbayar ketika sampai di Dieng Plateau, plateau ini terletak diantara serangkaian tempat menakjubkan. Bangunan candi-candi tua menjadi suguhan pertama dan menjadi kunjungan sejarah menyenangkan. Jalanan setapak berpagarkan rimbunan cemara akan membawa Anda menuju 5 candi berjajar rapi diantara lahan luas berumput hijau. Bersantailah untuk menikmati semilir angin pegunungan menembus pori-pori, renungkanlah betapa dahsyat nenek moyang kita membangun candi-candi mungil nan megah tanpa bantuan technology. Pilihlah berbagai spot objek di sekeliling komplek candi untuk mengabadikan moment liburan tak terlupa bersama keluarga atau sahabat ke Dataran Tinggi Dieng.
12.30-13.30 Bau sulfur sesekali menusuk hidung, menandakan pegunungan Dieng memiliki kawah-kawah yang masih aktif. Pipa-pipa raksasa geothermal berwarna hijau menjulur di tepi jalanan ketika hendak memasuki area Kawah Sikidang. Pemandangan lepas dan kontras terhantar menyambut kedatangan Anda. Ikutilah kawah-kawah mungil bersuara sedikit berisik seperti air mendidih di sepanjang jalan menuju kawah utama. Berjalanan sejauh 250 meter, ada hadiah spektakuler yang akan Anda saksikan. Kubangan tanah agak besar berisikan lava cair berwarna abu-abu mendidih dahsyat, mengeluarkan suara gemuruh dan asap putih membumbung tinggi menjadi sajian utama. Anda bisa mengelilingi kawah alami ini dari berbagai sisi dan mendakilah ke bukit segitiga yang berada di sampingnya untuk melihat pemandangan khas seluruh area Kawah Sikidang nan mempesona.
13.30-14.30 Ikuti jalan setapak dengan tangga-tangga alami berupa bilahan-bilahan batu vulkanik diantara tanaman kentang dan carica. Tibalah di sebuah tempat indah dimana telihat hijau dan jernihnya Telaga Warna serta Telaga Pengilon terbentang luas di bawah sana berpagarkan Gunung Prau dan plateau Dieng. Resapi suasana setempat yang santai dan ramah memandangi dahsyatnya alam Dieng terlihat dari atas Batu Pandang. Setelah puas, lanjutkan perjalanan sehari ke Dieng dengan menyaksikan film dokumentasi tentang dataran tinggi ini berdurasi 23 menit di Dieng Plateau Theater.
14.30-16.30 Perjalanan kembali ke Kota Wonosobo dan mampir sebentar untuk membeli jajanan khas Dieng seperti carica, jamur, kacang dan olahan kentang di pusat oleh-oleh sekitar kota. Kemudian lengkapilah perjalanan one day tour Anda dengan mencicipi kuliner khas yaitu mie ongklok. Sedapnya aroma akan menghantarkan Anda pada hidangan special Wonosobo. Perpaduan antara mie kuning, daun kucai, daun kol dengan kuah kental itulah serangkaian sajian seporsi mie ongklok. Sedapnya rasa khas Jawa antara manis, asin dan gurih rempah akan menggoyang lidah Anda untuk segera mencicipinya. Beberapa tusuk sate sapi dibakar kering serta tempe kemul menjadi pendamping lengkap ketika menikmati semangkok hangat kuliner khas ini.
16.30-19.30 Perjalanan kembali ke meeting point semula atau tempat yang diinginkan peserta tour
19.30 Tiba di tempat drop off dan agenda one day tour yang diselenggarakan PLATOUR selesai.

**Itineray fleksibel, dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan.


Rekomendasi Program


Keterangan
  • Meeting point dari luar kota (Purwokerto, Yogyakarta, Semarang, dan Magelang) rekomendasi start jam 07.00 pagi. Sedangkan untuk paket 1 hari + Sunrise Sikunir start dari meeting point jam 11.00 malam.
  • Jam dan tempat penjemputan by request.

Obyek wisata yang dikunjungi