Itinerary Paket 2 Hari 1 Malam

Jam Program Tour
Day 1
07.00-10.30 Bermula dari meeting point yang telah ditentukan, crew PLATOUR akan memberikan sambutan hangat kepada peserta private tour untuk mengawali perjalanan liburan ke Dieng. Kurang lebih 3,5 jam perjalanan menuju Kota Wonosobo menjadi cerita nan seru bersama keluarga, sahabat, atau teman dekat. (Private tour memiliki banyak pilihan tempat penjemputan diantaranya dari Yogyakarta, Purwokerto, Magelang, Semarang, Surakarta, Magelang, Wonosobo serta kota terdekat lainnya di area Jawa Tengah dan DIY).
10.30-12.00 Perjalanan akan terhenti sejenak ketika memasuki Kota Wonosobo. Para peserta private tour akan diajak untuk beristirahat sembari menikmati santap makan siang sebelum perjalanan ke area Dieng Plateau.
12.00-13.00 Pemandangan mengagumkan ketika melintasi lembah dengan medan menanjak dan berliku menjadi awal perjalanan menyenangkan. Kemudian terhenti sesaat di bangunan mungil seperti menara pandang yang hanya memiliki 2 lantai pada ketinggian 1.789 m.dpl yang dikenal sebagai Gardu Pandang Tieng, disinilah pemandangan mengagumkan berupa deretan pegunungan membentuk lembah, area pertanian kentang berterasiring, rumah-rumah penduduk tersebar di hadapan Anda menjadi background landscape nan indah bagi para pecinta fotografi dan selfie.
13.00-14.00 Pada ketinggian 2.093 m.dpl tibalah Anda di area utama Dieng Plateau. Disinilah peradaban Hindu kuno bermula. Melintasi perjalanan pendek menuju area bangunan-bangunan candi kuno menjadi pilihan utama bagi para wisatawan. Berjalan santai diantara jalanan setapak yang berpagarkan hijaunya pepohonan cemara, warna warni bunga terompet, bogenvil serta bunga dan delion akan membuat perjalanan Anda semakin asyik. Tidak lama kemudian 5 bangunan candi muncul dengan background landscape Gunung Pangonan memanjang di area Dieng Plateau tampak memperindah warisan budaya lawas ini. Berfoto, duduk santai, menikmati udara segar dan mencecap keindahan panorama alam sekitar menjadi pilihan paling favorite para pelancong ketika tour ke Komplek Candi Arjuna.
14.00-15.00 Mendaki bukit rendah, melewati jalan setapak berundak dan sedikit menantang diantara ladang-ladang kentang serta kebun carica menjadi perjalanan berikutnya menyingkap alam Dieng. Jalur tracking pendek ini akan membawa Anda meyaksikan bekas letusan gunung berapi berisi air berwarna hijau gemerlap yang membentuk sebuah telaga. Setelah melewati medan bebatuan agak melelahkan, hadiah terindah akan didapatkan oleh para peserta private tour PLATOUR berupa landscape alam memukau Telaga Warna dan Telaga Pengilon berlatar belakang Gunung Prau, lembah Dieng serta tebing-tebing batu nan terjal. Obyek wisata fenomenal ini terkenal akan sebutan Batu Rapatan Angin atau Batu Pandang. Disinilah moment perjalanan ke Dieng dapat di abadikan dengan baik dan akan menjadikan perjalanan tak terlupakan.
15.00-15.30 Berhentilah sejenak di sebuah gedung setara dengan bioskop mini. Disinilah para peserta private tour di ajak untuk menyaksikan film documenter tentang Dieng di Dieng Plateu Theater. Pengalaman dan pengetahuan lebih tentang Dieng akan Anda dapatkan hanya dengan durasi 23 menit.
15.30-17.00 Dihari yang cerah, pemandangannya begitu memukau ketika Anda memasuki area obyek wisata Kawah Sikidang. Bau sulfur adalah pengingat bahwa Kawah Sikidang ini termasuk kawah yang masih aktif di area Dieng Plateau. Kawah-kawah kecil bermunculan di sepanjang jalan sebagai penghantar Anda menuju kawah utama di Kawah Sikidang. Perasaan berdebar dan kagum muncul ketika menyaksikan gejolak dahsyat luapan lava cair dengan asap putih membumbung tinggi. Sempatkanlah untuk mendaki beberapa menit menuju bukit kecil, disitulah Anda dapat menyaksikan seluruh area Kawah Sikidang dari ketinggian yang terlihat sangat apik dan kontras di balik pepohonan cantigi.
17.00-18.30 Perjalanan private tour Dieng pada hari pertama berakhir di Kawah Sikidang kemudian dilanjutkan check in penginapan untuk beristirahat sejenak melepaskan lelah setelah seharian penuh berjelajah di negerinya para Dewa.
18.30-20.30 Tibalah saatnya untuk makan malam serta menyaksikan aktivitas malam di Kota Wonosobo yang terkenal akan kota sejuknya.
20.30-03.00 Kembali ke penginapan, acara bebas dan istirahat.
Day 2
03.00-07.30 Perjalanan liburan ke Dieng di hari ke dua dimulai sejak pukul 03.00 dini hari. Anda akan diajak mendaki Bukit Sikunir untuk menyaksikan fenomena matahari terbit terpopuler di Dataran Tinggi Dieng. Jalanan masih alami, menanjak dan berliku akan mengajak kepada petualangan singkat yang menyenangkan. Mendaki bukit setinggi 200 meter dan memiliki panjang track sejauh 800 meter akan memberikan pengalaman berharga untuk para peserta tour. Sembari menghela nafas ketika sampai di puncak Bukit Sikunir, Anda bisa menoleh ke sebelah kiri Gunung Sindoro serta pegunungan Dieng lainnya yang membentuk lembah, sorot sinar matahari keemasan dan terkadang terlihat gumpalan awan berarak-arak seperti ombak menjadi pemandangan alam menakjubkan. Setelah asyik menyaksikan matahari terbit, Anda akan diajak berjalan mendatar melintasi semak-semak setinggi betis untuk menyaksikan panorama Telaga Cebong dari ketinggian. Telaga ini sangat asyik di pandang, terletak diantara perbukitan dan sangat bagus dijadikan sebagai background landscape pada pada foto Anda.
07.30-08.30 Lepaskan lelah sejenak sembari menikmati menu sarapan.
08.30-10.30 Istrahat dipenginapan, persiapan untuk check out.
10.30-12.30 Check out penginapan. Agenda tour Dieng belum berakhir disini. Hamparan tanaman perkebunan teh yang menghijau di lereng Gunung Sindoro dan telaga luas dikelilingi pegunungan serta pepohonan cemara menjadi tujuan berikutnya. Jangan lewatkan untuk mengabadikan moment spesial perjalanan di area Perkebunan Teh Tambi dan Telaga Menjer.
12.30-13.00 Tak lupa para peserta tour diajak berbelanja oleh-oleh khas Wonosobo untuk buah tangan sanak saudara dirumah.
13.00-14.00 Rasanya tidak lengkap ketika berkunjung kesuatu daerah dan tidak merasakan kuliner khas apa yang patut di coba. Kali ini Anda akan diajak untuk berwisata kulier yaitu mencicipi mie ongklok sebagai makanan khas Wonosobo Dieng.
14.00-17.30 Perjalanan menuju meeting point semula atau tempat drop off lain sesuai keinginan para peserta private tour (meeting point dan tempat drop off bisa berbeda, sesuai keinginan).
17.30-18.00 Tiba di tempat drop off dan agenda private tour Dieng 2 hari 1 malam selesai.

**Itineray fleksibel, dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan.


Obyek wisata yang dikunjungi