Itinerary Paket 3 Hari 2 Malam

Jam Program Tour
Day 1
08.00-11.00

Salam hangat dan perkenalan terhaturkan dari petugas penjemputan PLATOUR untuk membawa Anda pada perjalanan menyenangkan menuju Wonosobo-Dieng. Area meeting point sangat flexible bisa dari Yogyakarta, Purwokerto, Magelang, Semarang, Surakarta, Wonosobo serta kota-kota terdekat lainnya di area Jawa Tengah dan DIY. Jam penjemputan tidak bersifat mengikat jadi sangat flexible sesuai keinginan para tamu tour kami bisa lebih pagi atau lebih siang.

11.00-12.00

Kurang lebih perjalanan 3 jam bahkan bisa kurang tergantung darimana area tempat penjemputan awal, tibalah Anda di sebuah kota kecil yang sejuk dan tampak ASRI yaitu Kota Wonosobo. Disinilah para peserta private tour akan di ajak untuk istirahat sebentar dan menikmati menu makan siang.

12.00-14.00

Setelah usai makan siang, tiba saatnya untuk melanjutkan perjalanan menuju negerinya para Dewa. Dari arah Kota Wonosobo Anda akan diajak meyusuri jalanan menanjak, melewati beberapa Desa, deretan pegunungan menghijau di kanan-kiri jalan serta kerap sekali mendapati aktivitas para petani yang sedang bercocok taman di sepanjang jalan. Setelah melalui jalanan panjang dan berliku dengan panorama alam memukau, Anda akan di ajak untuk berhenti di ketinggian 1.789 m.dpl. Tempat ini terkenal dengan sebutan Gardu Pandang Tieng. Gardu Pandang Tieng merupakan salah satu tempat favorite yang pertama kali dikunjungi para pelancong ketika hendak berwisata ke Dieng.

Angin semilir akan menyambut kehadiran Anda, gunung-gunung tegak berjajar di sepanjang lembah, area pertanian terlihat khas berterasiring merayap hingga puncak-puncak perbukitan serta rumah-rumah penduduk tersebar di hadapan Anda. Gardu Pandang Tieng adalah tempat bagus untuk berfoto-foto dengan background lembah dan pegunungan dan sebagai tempat ideal untuk beristirahat sebentar menghirup udara segar jauh dari polusi serta hirup pikuk kota metropolitan.

14.00-16.30

Dataran Tinggi Dieng merupakan rekomendasi tempat wisata yang menarik. Tidak hanya keindahan landscape alamnya saja. Anda juga akan diajak untuk menelisik sejarah masa lampau yang masih tersirat dalam bangunan candi-candi kuno. Situs-situs purbakala menjadi kunjungan menarik yang terpadu oleh alam Dieng luar biasa.

Bertempat di kaki Gunung Pangonan, Gunung Prau dan Gunung Pakuwojo yang menjulang. Bangunan candi-candi Dieng ini berada tepat di tengah-tengah Plateau Dieng yang membentuk lembah luas. Perjalanan santai akan diawali dengan menyusuri jalan setapak diantara bekas bangunan-bangunan rumah lawas yang hanya tinggal fondasinya saja di Komplek Dharmasala. Selang beberapa menit terlihatlah 5 bangunan candi kuno berdiri di area cukup luas dikelilingi pepohonan cemara serta rerumputan yang menghijau layaknya karpet hidup.

Bersantailah dan nikmatilah udara segar nyata pegunungan yang akan mendamaikan setiap pelancong datang. Anda bisa asyik melihat satu persatu bangunan candi berukuran mungil peninggalan kerajaan Mataram Hindu yang dibangun secara berkala sejak abad ke VII. Diarea inilah Anda bisa bebas berfoto-foto di berbagai spot objek dengan beraneka gaya.

Para peserta tour akan diajak menjelajah ke segala sisi di area Komplek Candi Dieng. Berjalanlah mengikuti jalan setapak yang akan mengarahkan Anda menuju Candi Setyaki, kemudian melewati area pertanian kentang atau sayur mayur hingga ke Komplek Candi Gatotkaca, di komplek candi ini hanya terdapat 1 candi yang masih utuh, letaknya lebih tinggi dari Komplek Candi Arjuna menjadikan Candi Gatotkaca sebagai tempat favorit untuk mengabadikan moment spesial berbackground lembah Dieng dan Gunung Prau.

Setelah puas berfoto-foto, Anda akan diajak bernostalgia ke masa lampau abad ke VII dengan melihat berbagai peninggalan-peninggalan purbakala berupa acara di Museum Kailasa yang tempatnya berseberangan dengan Komplek Candi Gatotkaca. Disini Anda juga akan mendapatkan pengetahuan tentang sejarah Dieng serta ada film audio visual yang khusus disajikan untuk setiap pelancong datang.

Museum ini dibangun di area agak tinggi yakni di lerang Gunung Pangonan. Naiklah melintasi beberapa anak tangga hingga terlihat taman mungil dan disediakan pula beberapa tempat duduk untuk meneropong keindahan Dieng Plateau dari ketinggian.

16.30-18.30

Ketika hari mulai temaram, para peserta tour akan diajak istirahat dan check in penginapan.

18.30-21.00

Berjalan-jalan di Kota Wonosobo , melihat aktivitas berbeda di kota kecil ini, merasakan suasana malam yang damai dengan pusat keramaian di alun-alun kota setelah menikmati hidangan makan malam di rumah makan sekitarnya.

21.00-07.30

Kembali ke penginapan, acara bebas dilanjutkan istirahat.

Day 2
07.30-08.00

Agenda perjalanan menuju Dieng akan dilanjutkan setelah menikmati hidangan sarapan.

08.00-11.00

Tour hari kedua diawali mengunjungi Candi Bima yaitu candi terbesar di Dieng, dilanjutkan menuju area vulkanik aktif Dieng Plateau. Bau belerang mulai tercium ketika memasuki Kawah Sikidang. Pipa-pipa raksasa uap panas geothermal memanjang di sekitar jalanan menuju kawah. Asap putih terlihat membumbung tinggi di udara yang menampakkan kegagahannya. Suasana fresh akan membawa Anda untuk segera bergegas mengeluarkan kamera dari ransel, memilih berbagai gaya untuk mengabadikan moment liburan tak terlupakan ke Dieng ini.

Landscape alam dengan warna kontras seperti putih, biru, coklat dan hijau akan memberikan kesan tersendiri bagi penikmat alam. Kawah aktif ini termasuk kedalam kawah unik karena kawah utamanya selalu berpindah-pindah dan itulah mengapa dinamakan dengan Kawah Sikidang. Disepanjang jalan Anda akan ditemani kawah-kawah mungil mendidih, sesekali juga bisa merasakan hangatnya dan terkadang Anda juga akan menemui seseorang berjualan telur rebus rasa belerang. Hal aneh terkadang mengisyaratkan kepada Anda untuk segera mencoba. Berjalan kurang lebih 250 meter diantara batu-batu belerang beku, tiba saatnya menyaksikan lumpur kawah berwarna abu-abu mendidih dengan dahsyat. Perasaan berdebar dan kagum akan terlintas di benak para wisatawan. Sempatkanlah untuk mendaki bukit yang ada disamping kawah utama, Anda akan dihadiahi pemandangan menakjubkan dan memukau di seluruh area obyek wisata Kawah Sikidang.

Jika para peserta tour suka akan petualangan, kami juga akan mengajak Anda ke padang rumput yang dikenal dengan sebutan Padang Savanna Dieng. Mendaki bukit kurang lebih 30 menit dari area Kawah Sikidang menjadi perjalanan petualangan menyenangkan. Jalan setapak diantara rimbunnya pohon akasia gunung menjadi teman sejati ketika hendak menuju padang savanna Dieng. Hamparan rerumputan setinggi lutut tersebar luas sejauh mata memandang dikelilingi oleh lebatnya hutan belantara yang masih asri. Disinilah Anda bisa merasakan kedamaian, ketenangan bahkan menjadi area terbagus untuk pengambilan gambar. Mengunjungi obyek wisata Padang Savanna merupakan pilihan optional (bisa dikunjungi ataupun tidak).

11.00-13.00

Bertempat di kaki-kaki gunung yang menjulang, Telaga Warna dan Telaga Pengilon adalah sebuah danau yang paling tenang di Dieng Plateau. Berjalanlah sebentar melewati beberapa anak tangga alami tersusun rapi dari batu, Anda akan mendapati diri Anda berada di tengah-tengah lahan pertanian yang subur dalam perjalanan menuju Batu Pandang/Batu Ratapan Angin. Ada satu spot optional yang juga bisa dikunjungi yaitu Bukit Sidengkeng. Telaga Warna dan Telaga Pengilon serta pegunungan sekitar menjadi panorama utama di bukit ini. Jika penasaran bagaimana suasana tepian telaga, berjalanlah beberapa menit berkendara ke area koservasi Telaga Warna dan Pengilon dengan pemandangan khas batang pohon melandai di atas permukaan air telaga.

13.00-14.00

Isirahatlah sejenak, menikmati hidangan makan siang, Anda juga bisa mencicipi kentang Dieng serta minuman penghangat bergingseng (Purwaceng). Kemudian bergegaslah melanjutkan trip selanjutnya ke Dieng Plateau Theater untuk menyaksikan film dokumentar tentang Dieng berdurasi 23 menit. Terkadang di area ini tampak anak-anak berambut aneh yaitu anak rambut gimbal Dieng yang terlihat malu-malu memberikan senyum kepada Anda.

14.00-17.00

Setelah usai menelisik panorama alam dan sejarah di zona 1, perjalanan berkedara dilanjutkan mengunjungi destinasi wisata zona 2. Jalan raya beraspal berkelok akan dengan cepat membawa Anda sampai ke bekas letusan gunung berapi bebentuk kapundan kawah yang besar dan curam membentuk sumur raksasa Jalatunda. Anda akan disambut indahnya bunga-bunga terompet bermekaran di sepanjang musim menghiasi gapura masuk. Cobalah untuk menghitung rententan anak tangga hingga sampai di bibir sumur. Lemparlah batu sejauh-jauhnya, konon lemparan batu yang mengenai dinding sumur keinginannya akan tercapai.

Jika waktu memungkinkan ada pilihan optional selain mengunjungi Sumur Jalatunda. Kawah Candradimuka serta Telaga Dringo menjadi pengganti destinasi yang direkomendasikan. Anda akan merasakan suasana berbeda, Telaga Dringo termasuk ke dalam obyek wisata anti mainstream. Indahnya jalanan berpagarkan area pertanian kentang, hutan yang masih lebat memberikan pengalaman tersendiri selama tour ke Dieng.

Setelah berjelajah ke tempat antimanistream di zona 2, Kawah Sileri dan Telaga Merdada menjadi tujuan wisata selanjutnya. Asap putih melayang-layang di udara di kaki Gunung Pagerkandang tersimpan keindahan Kawah Sileri dengan background landscape memukau. Kemudian dilanjutkan melintasi perjalanan mulus menuju ke sebuah telaga terluas di Dieng yaitu Telaga Merdada.

17.00-18.30

Check in penginapan untuk melepas lelah.

18.30-20.30

Makan malam.

20.30-03.00

Kembali ke penginapan, istirahat (direkomendasikan untuk istirahat lebih awal) .

Day 3
03.00-07.00

Morning call, petualangan hari ke tiga siap di mulai. Melintasi jalanan malam hari menuju Bukit Sikunir. Berjalan mendaki selama 30 menit dengan panjang track 800 meter akan memeberikan pengalaman terunik ketika menyingkap alam Dieng. Bintang-bingtang bertaburan serasa sangat dekat dengan Anda menemani selama perjalanan mendaki. Sambil mengehela nafas panjang, lihatlah di sekitar Anda rentetan gunung-gunung berbaris bersamaan dengan gumpalan awan melayang-layang diudara menyelimuti lembah menyambut kehadiran sang mentari. Perlahan cahaya merah keemasan muncul bersama matahari yang hendak menyapu kedinginan dan ketenganan sekitar. Semua pengunjung bersorai menyambut sang mentari tiba. Tak henti-hentinya lampu-lampu flash serta bunyi kamera memenuhi area puncak Sikunir untuk mengabadikan moment indah pagi hari mereka. Berjalanlah agak kearah barat. Ada keindahan tersembunyi di Puncak Sikunir. Selain Golden Sunrisenya, Telaga Cebong menawan berlatar belakang area pertanian kentang yang berbukit dapat dilihat dari ketinggian.

07.00-10.00

Nikmati hangatnya menu sarapan diantara hawa dingin pegunungan. Kemudian bersistirahatlah untuk memulihkan tenaga dan bersiap-siaplah check out penginapan.

10.00-12.00

Di hari yang cerah, hamparan perkebunan teh tambi dan indahnya panorama Telaga Menjer menjadi penutup perjalalanan wisata ke Dieng.

12.00-13.00

Berbelanja oleh-oleh ialah hal terasyik ketika mengadakan perjalalan tour. Anda akan di ajak ke pusat oleh-oleh rekomendasi untuk berbelanja aneka kudapan dan cemilan khas Dieng/Wonosobo seperti aneka olahan carica, jamur, kacang, purwaceng, teh tambi dan lain sebagainya.

13.00-14.00

Lengkapi perjalanan tour Dieng Anda dengan mencicipi kuliner khas Wonosobo yang terkenal akan mie ongklok nya. Mie kuning berkuah kental bercampur daun kol dan daun kucai serta harumnya sate sapi hangat dapat menggugah selera setiap wisatawan yang datang. Mie ongklok akan lebih sedap jika ditambah sambal uleg hijau yang tersaji di dalam mangkuk terpisah serta renyahnya tempe kemul nan gurih menjadi teman sejatinya. Cita rasa manis, asin dan gurih akan lumer seketika ketika Anda mulai mencicipi semangkuk mie ongklok hangat.

14.00-17.00

Setelah icip-icip kuliner usai perjalanan dilanjutkan menuju meeting point semula atau tempat drop off sesuai permintaan baik di hotel, bandara, atau stasiun dan tempat lainnya sesuai permintaan.

17.00-17.30

Peserta tour tiba di tempat drop off dan agenda layanan private tour Dieng 3 hari 2 malam yang diselenggarakan oleh PLATOUR selesai.

**Itineray fleksibel, dapat disesuaikan kembali dengan kebutuhan.


Obyek wisata yang dikunjungi