Kawah Sileri

kawah sileri

Kawah Sileri merupakan kawah terluas di Dieng dengan panorama alam di sekitar terlihat memukau karena terletak di lereng pegunungan Pagerkandang yang kakinya melandai hingga ke tepian kawah. Kawah ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik yang terjadi di area pegunungan Pagerkandang sehingga membentuk cekungan mirip kolam raksasa berisikan lumpur belerang panas. Senyawa yang terkandung di dalam Sileri berupa kandungan sulfur (S) di hari-hari biasa. Jika area Kawah Sileri mengalami peningkatan aktivitas atau terjadi letusan besar, tidak hanya sulfur saja yang keluar dari uapnya akan tetapi juga disertai senyawa-senyawa lain seperti Co dan Cyanida yang terbilang bahaya. Para pengunjung Kawah Sileri tidak perlu cemas atau khawatir karena aktivitas kawah sileri selalu terpantau setiap saat oleh petugas Geology Gunung Dieng, jadi jika terjadi peningkatan akan ada pemberitahuan kepada Dinas pengelola wisata Dieng terkait.

Kawah Sileri berada di zona wisata bagian dua. Letaknya kurang lebih 4,3 km dari obyek wisata utama Dieng seperti Kawah Sikidang, Telaga Warna atau Komplek Candi Dieng. Perjalanan nan asyik akan mengawali kunjungan Anda ke Kawah Sileri. Pemandangan persawahan berterasiring menjadi suguhan utama ketika memasuki Kawasan obyek wisata Dieng ini. Suasana hening dan nyaman akan menyelimuti perasaan setiap pengunjung yang datang karena kawah ini memang tidak terlalu ramai seperti Kawah Sikidang dikarenakan letaknya yang agak memisah.

Keunikan Kawah Sileri

Air kawah berwarna putih abu-abu disertai asap tipis melayang-layang diudara dengan latar belakang pegunungan Pagerkandang menjadi suguhan utama ketika mengunjungi Kawah Sileri Dieng. Perjalanan akan mulai terkesan ketika melintasi beberapa anak tangga yang sudah di bangun oleh pengelola yang dibangun diantara tanaman sayur mayur akan menambah pengalaman tersendiri. Ada beberapa gardu pandang yang bisa digunakan para wisatawan untuk beristirahat sambil menyaksikan keindahan Kawah Sileri. Para pengunjung Kawah Sileri disarankan untuk tidak lalai mengenakan masker karena di area tertentu di sekitar kawah bau belerangnya agak tercium menyengat.

landscape photography

Bagi Anda para pecinta landscape photography datanglah ke Kawah Sileri pada pagi hari karena pemandangan elok dapat disaksikan dalam waktu yang teramat singkat. Kemunculan sinar matahari pagi hari akan memecahkan kepulan asap belerang dan membawa cahaya perak yang berkilau. Anda juga bisa mendaki perbukitan sekitar kawah agar bisa memotret landscape alam Kawah Sileri secara sepenuhnya.

Letak Kawah Sileri

Kawah sileri berada di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur dan memasuki Kabupaten Banjarnegera. Tidak ada akses kendaraan umum melewati Kawah Sileri. Jadi para wisatawan di anjurkan untuk membawa kendaraan sendiri. Lokasi keberadaan Kawah Sileri juga sangat mudah di temukan. Dari arah Desa Dieng, ikutilah jalan menuju Desa Kepakisan. Ada gapura berwarna hijau bertuliska “Kawah Sileri”. Dari gapura pintu masuk Anda membutuhkan waktu kurang lebih 2 menit berkendara dengan jauh 600 meter menuju lokasi Kawah Sileri.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*