Lembah Seroja

Lembah Seroja

Mengunjungi Lembah Seroja merupakan cara terbaik untuk menyaksikan Telaga Menjer serta indahnya lereng-lereng pegunungan Dieng dari ketinggian. Lembah Seroja adalah obyek wisata baru di wilayah Kabupaten Wonosobo dan Dataran Tinggi Dieng yang mulai populer pada tahun 2015. Ada berbagai potensi wisata alam langka yang bisa wisatawan dapatkan ketika pergi ke area Lembah Seroja.

Berjalan mendaki melewati jalan setapak sejauh 1,5 Km diantara area pertanian sayur mayur sambil menikmati keindahan alam pegunungan, menyaksikan desa-desa dari ketinggian serta hawa udara sejuk dan terkadang diliputi kabut tipis bagaikan selimut alam akan menjadi suguhan utama ketika berkunjung ke lembah seroja. Bagi Anda pecinta lintas alam disinilah di Lembah Seroja sebagai tempat yang direkomedasikan untuk wahana petualangan.

Rasa lelah akan segera terobati dan hilang seketika saat para petani lokal yang hendak berladang ke kebun-kebun mereka menyapa dengan ramahnya di sebuah tempat agak mungil dengan pemandangan terbuka lebar dan sangat leluasa. Danau berwarna hijau lumut, tenang tampa ombak terbentang luas 70 hektar tampak indah terbingkai oleh perbukian bebatuan terjal serta pepohonan cemara nan rimbun menjadi pemandangan teramat spektakuler.

Dari Lembah Seroja, Telaga Menjer sebagai telaga alami terbesar dan terdalam di area Wonosobo terlihat sangat apik berbentuk layaknya telaga cinta “Love Lake”. Di lembah ini juga disediakan camping ground area. Ketika weekend tiba ada beberapa tenda didirikan disini untuk menikmati taburan bintang di malam hari, tenangnya air telaga serta menyambut datangnya matahari terbit saat fajar mulai tiba. Lembah Seroja akan membawa suasana hening serta damai bagi para pengunjungnya terlepas dari kesibukan kerja di tengah-tengah kota metropolitan yang penuh akan keramaian, polusi dan kemacetan. Dari balik tenda Anda bisa menyaksikan keindahan Telaga Menjer serta Gunung Sindoro sebagai latar belakang utama di Lembah Seroja.

Area sekitar lembah seroja masih terdapat hutan yang ditumbuhi pepohonan rimbun dan juga merupakan rumah bagi burung-burung liar maka tak heran sering terdengar burung-burung berkicau bersahutan ketika Anda menyingkap alam sekitar Lembah Seroja. Jika Anda beruntung ribuan kupu-kupu terbang kesana kemari diantara ladang-ladang pertanian dengan warna bervariasi layaknya di “Butterfly park”. Fenomena unik ini sangatlah langka dan tidak terjadi setiap hari hanya ketika musim imigrasi kupu-kupu tiba.

Letak Lembah Seroja

Lembah Seroja terletak di lereng Gunung Seroja yang bersebelahan dengan Gunung Sikunir dan Gunung Pakuwojo yang masih termasuk ke dalam wilayah pegunungan Dieng. Lembah ini berada di Desa Menjer, Kecamatan Garung dan memasuki Kabupaten Wonosobo. Akses jalan yang dilalui berupa jalan setapak diantara pertanian yang masih dalam tahap pembangunan dan mengisyaratkan Anda untuk memarkirkan kendaraan khususnya roda empat di area obyek wisata Telaga Menjer. Dari area parkir, Anda bisa lintas alam atau menyewa ojek wisata. Jalur tracking khusus dilalui oleh para pejalan kaki atau kendaraan roda dua saja. Lengkapilah perjalanan liburan Anda bersama keluarga ataupun kerabat ke Dataran Tinggi Dieng dengan mengunjungi Lembah Seroja sebagai lokasi ideal untuk memotret “Love Lake” Telaga Menjer yang elok dan indah.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*