Padang Savana

padang savana

Padang Savana merupakan obyek wisata favorit di Dataran Tinggi Dieng berupa rerumputan luas terhampar yang membentuk lembah. Padang Savana Dieng ini berada di dalam area Gunung Pangonan yang membentang di sebelah utara plateau Dieng. Panorama alam yang dapat disaksikan oleh para wisatawa yakni berupa pemandangan khas pegunungan yang membentuk lembah. Anda akan diajak menyusuri berbagai sudut dan sisi menerobos rerumputan hijau atau kering setinggi lutut yang dikelilingi hutan akasia merayap hingga ke bibir bukit. Tempat ini memang cocok untuk menguraikan hoby Anda photography landscape atau portrait dan bahkan sekedar menikmati alam Dieng yang indah dan tenang.

Pemandangan yang bisa dilihat di Padang Savana juga berbeda-berbeda tergantung musim yang sedang berlaku. Ketika musim penghujan rerumputan yang menyelimuti area ini berubah warna menjadi hijau muda, jika terlihat dari jauh laksana permadani nan indah dan kian asri. Saat musim kemarau tiba rerumputan yang hijau tersebut seketika akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan hal ini terjadi karena suhu udara di Padang Savana sangatlah ekstrim ketika pagi hari mencapai titik beku. Disaat inilah waktu terbaik untuk mengunjungi Padang Savana karena akan membawa Anda selayaknya di Benua Africa.

Padang Savana Dieng juga disebut-sebut sebagai Lembah Sumurup. Sebenarnya kata sumurup berasal dari bahasa inggris yaitu Summer Up yang berarti ketika musim panas fenomena ekstrim di padang savana terjadi. Rerumputan yang tadinya menghijau menjadi kering dan terlihat menyala. Jadi jangan heran ketika hendak mengunjungi Padang Savana Dieng ada penduduk lokal setempat yang menyebutkan Padang Savana Dieng sebagai Lembah Sumurup.

Bagi Anda pecinta photography, ada beberapa titik spot objek ketika ingin membidik panorama alam Padang Savana. Padang Savana terletak di tengah-tengah Gunung Pangonan yang terlihat sekilas seperti mangkuk raksasa karena memang dahulunya ialah bekas letusan gunung berapi. Areanya sangat luas jadi Anda harus mendaki atau mengelilingi bibir Gunung Pangonan agar terlihat seutuhnya sehingga kontras warna akan di dapatkan.

Padang Savana Dieng terletak di Dieng Plateau dan secara teritorial memasuki wilayah Kabupaten Banjarnegara. Untuk mencapai Padang Savana Anda harus mendaki bukit terlebih dahulu. Ada beberapa pos pendakian yang dapat Anda lewati ketika mengunjungi di obyek wisata Dieng yang satu ini. Pintu masuk Padang Savana yang terpopuler ialah dari Desa Karang Sari. Desa ini terletak bersebelahan dengan pintu masuk Kawah Sikidang. Di area ini sudah disediakan area parkir luas untuk wisatawan. Medan tracking juga sudah di bangun oleh warga sekitar dan dinas terkait untuk memudahkan wisatawan yang datang. Lama perjalanan jika melewati titik ini kurang lebih 45 menit berjalan mendatar dan mendaki di jalan setapak alami.

Padang Savana Dieng juga dapat di jangkau dari area Kawah Sikidang, bahkan waktu tempuhnya lebih singkat yaitu kurang lebih 20 menit perjalanan mendaki bukit santai. Medan tracknya hampir tegak lurus akan tetapi waktu yang dibutuhkan sangatlah singkat. Panorama alam yang dapat disaksikan ketika Anda menggunakan jalur ini ialah area Kawah Sikidang yang terlihat seutuhnya dari ketinggian. Akan tetapi ketika Anda melewati jalur ini tidak bisa menyaksikan lembah Sumurup atau Padang Savana dari kejauhan karena jalur tersebut langsung menjangkau ke area Lembah Sumurup tanpa menyisiri bibir Gunung Pangonan terlebih dahulu seperti ketika melewati jalur dari Desa Karangsari.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*