Paket wisata Kawah Sikidang

Paket wisata Kawah Sikidang

Selain paket wisata Kawah Sileri, Dieng masih memiliki kawah populer lainnya, yaitu Kawah Sikidang. Paket wisata kawah Sikidang merupakan tujuan liburan yang berkesan, pasalnya banyak atraksi wisata di lokasi wisata satu ini, seperti merebus telur dalam kawah, foto naik kuda, foto naik mobil jeep dan masih banyak lagi yang lain.

Detail Paket ke Kawah Sikidang

  1. Destinasi Kawah Sikidang
  2. Durasi liburan 1 hari
  3. Meeting point Wonosobo / Jogja / Semarang / Purwokerto / Dll
  4. Minimal keberangkatan 2 peserta

Fasilitas

  1. Lokal driver / guide
  2. Sarapan dan makan siang
  3. Tiket obyek wisata
  4. Transportasi

Sekilas Tentang Kawah Sikidang Dieng

Kawah Sikidang merupakan tujuan wisata populer di Dataran Tinggi Dieng, selain mudah dijangkau obyek wisata ini menawarkan fenomena alam yang unik dan menarik. Kawah Sikidang berisikan material-material vulkanik berupa lava cair.

Suhu Kawah

Lava cair ini memiliki titik didih rata-rata 85-100′ C bahkan jika ada peningkatan aktivitas gunung Dieng suhu lava Kawah Sikidang akan semakin bertambah tinggi. Air kawah tersebut berasal dari campuran antara air dan lumpur yang berwarna keabu-abuan serta hitam pekat.

Lava cair tersebut menimbulkan bau belerang yang menyengat jadi para pengunjung Kawah Sikidang disarankan untuk mengenakan masker. Kawah ini terlihat mendidih dan bergejolak serta memiliki kedalaman sekitar 1-2 meter dari permukaan tanah, jadi para wisatawan dilarang mendekati area bibir Kawah Sikidang karena sangat mudah terkikis dan longsor.

Dari lava cair yang mendidih, Kawah Sikidang mengeluarkan asap putih tebal berbau belerang. Asap tersebut lebih baik Anda hindari dan jangan melawan arah angin karena dapat menganggu perpasan apalagi bagi yang memiliki penyakit pernafasan seperti asma.

Akan tetapi bagi yang tidak memiliki permasalahan pernafasan, sedikit uap belerang bermanfaat sebagai kosmetik alami yaitu dapat menghaluskan kulit wajah atau menghilangkan jerawat.

Kawah Unik

Kawah Sikidang merupakan kawah unik dan berbeda dengan kawah-kawah di Dieng lainnya. Karena Kawah utamanya hanya ada satu dan yang lainnya hanya kawah-kawah mungil disepanjang jalan menuju kawah utama. Kawah utamanya juga sering berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain.

Jika di area lain muncul kawah yang hendak membesar maka kawah utama yang dahulu akan mati dan lava cairnya akan surut pindah ke kapundan kawah baru.

Jadi mengapa dinamai dengan Kawah Sikidang karena kawah utamanya selalu berpindah-pindah seperti lompatan kijang/kidang.

Panorama Alam

Tidak hanya aktivitas vulkanik saja yang dapat Anda saksikan, panorama alam luas dengan dikelilingi perbukitan berwarna putih akan terlihat sangat kontras dengan area obyek wisata Kawah Sikidang yang berwarna putih.

Spot Pilihan

Ada beberapa spot terbaik melihat keindahan Kawah Sikidang yaitu bisa mendaki perbukitan lebih tinggi di sekitar kawah untuk menyaksikan area Kawah Sikidang secara seutuhnya, area ini cocok untuk para wisatawan yang gemar Landscape Photography.

Lokasi Kawah Sikidang

Kawah Sikidang adalah kawah Dieng yang aman dikunjungi oleh wisatawan bahkan kawah ini dijadikan sebagai destinasi utama di Dieng. Kawah Sikidang termasuk ke dalam tujuan wisata utama di zona satu yang melingkupi Komplek Candi Arjuna, Telaga Warna, Dieng Theater serta Sunrise Sikunir.

Lokasi Kawah Sikidang berada di Dukuh Karangsari, Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur Banjarnegara. Tidak ada akses umum menuju Kawah Sikidang, Anda harus membawa kendaran sendiri atau mengikuti paket wisata Dieng hingga mencapai area parkir Kawah Sikidang.