Perkebunan Teh Tambi

perkebunan teh tambi

Perkebunan Teh Tambi terletak di antara dua gunung fenomenal yakni di lereng Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Di ketinggian antara 800 m.dpl hingga 2.000 m.dpl (meter di atas permukaan laut) tanaman teh terhampar luas hingga melandai di lereng kedua gunung tersebut hingga ke perbukitan sekitar. Perkebunan Teh Tambi merupakan perkebunan peninggalan nenek moyang di zaman Bellanda yang awal mulanya dikelola oleh perusahaan Bellanda juga yaitu “Bagelen Thee” dan “Kina Maatschavappij” berkantor pusat di Natherland. Kemudian setelah kemerdekaan Indonesia di cetuskan, area perkebunan teh yang indah ini langsung di ambil alih oleh pemerintah RI dan sekarang telah dikelola PT. Perkebunan Tambi yang dikenal dengan sebutan Perkebunan Teh Tambi.

Perkebunan Teh Tambi telah masuk kedalam daftar destinasi wisata area Dieng Plateau atau Wonosobo guna mendongkrak dan menambah kunjungan wisata ke daerah pegunungan ini. Banyak para wisatawan yang menggunakan area perkebunan teh tersebut sebagai tempat favorit untuk mengisi waktu liburan mereka ketika hendak berwisata ke Dataran Tinggi Dieng.

Area PT. Perkebunan Tambi tersebar luas lebih dari 800 hektar berada di empat daerah yakni daerah Desa Tambi, daerah Desa Tlogo, daerah Desa Bedakah dan daerah Desa Tanjungsari. Dari keempat daerah tersebut yang biasa di kunjungi oleh wisatawan dan dekat dengan Dieng adalah perkebunan teh area Desa Tambi dan Desa Tlogo. Maka tak heran mereka menjadikan Perkebunan Teh Tambi ini sebagai destinasi utama yang wajib dikunjungi ketika berwisata ke Dieng.

Wisata Agro

Perkebunan Teh Tambi dikembangkan sebagai wisata agro. Disinilah Anda dapat melakukan berbagai aktifitas menyenangkan seperti bersepeda atau berjalan santai (tea walk)diantara tanaman teh berlatar belakang Gunung Sindoro tampak begitu dekat dengan puncaknya menjadi kegiatan liburan menyenangkan. Ketika waktu panen tiba, para wisatawan juga dapat menyaksikan secara langsung para petani memetik pucuk-pucuk daun teh untuk di oleh ke pabrik bahkan Anda bisa menjajal memetiknya sendiri. Mereka sangat antusias serta dengan senang hati mengajarkan hal yang baru ketika wisatawan berkunjung.

Di area perkebunan teh Desa Tambi para wisatawan akan di suguhi pemandangan menakjubkan yakni perkebunan teh terhampar luas melandai di lereng Gunung Sindoro serta tumbuh di perbukitan sekitar di balik Gunung Tlerep yang memanjang di area Kecamatan Kejajar. Tempat ini cocok bagi Anda para pengagum alam dan dunia Photography landscape. Ada banyak spot bagus yang biasanya dimanfaatkan untuk membidik area perkebunan teh berlatar belakang Gunung Sindoro. Untuk menjangkau tempat ini Anda perlu melakukan perjalanan kurang lebih 15 menit dengan jarak tempuh 5 km dari gapura bertuliskan “Wisata Agro Perkebunan Teh Tambi “ yang berada di kanan jalan raya Wonosobo-Kejajar km 13. Anda akan di ajak menyusuri jalanan menanjak dan berliku di lereng gunung hingga sampai Desa Sigedang. Disinilah para wisatawan dapat bersantai menikmati keindahan perkebunan teh nan luas dan merasakan sensasi udara sejuk pegunungan.

Tidak hanya dari area perkebunan Desa Tambi saja panorama alam indah dapat disaksikan oleh para wisatawan. Terletak di perbukitan, area perkebunan teh Tambi Desa Tlogo menghadirkan pemandangan menakjubkan yakni landscape pegunungan Dieng berlembah serta kapundan kawah besar yang telah menjadi telaga cantik nan luas yakni Telaga Menjer. Telaga yang memiliki luas area 70 ha serta berada di ketinggian 1.200 m.dpl dan dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan cemara ini dapat disaksikan secara leluasa dari area perkebunan teh Tambi Desa Tlogo, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*