Telaga Cebong

Telaga Cebong

Telaga Cebong merupakan salah satu telaga indah di Dieng Plateau yang menjadi latar belakang desa tertinggi di Pulau Jawa yakni Desa Sembungan. Telaga Cebong Dieng berada pada ketinggian 2.200 m.dpl (meter di atas permukaan laut ) sehingga pemandangan luar biasa berupa area perbukitan tampak di sekitar telaga. Telaga cebong dikelilingi oleh Gunung Pakuwojo, Gunung Sikunir serta Gunung Seroja yang kakinya melandai hingga ketepian telaga, jadi ada beberapa spot objek menarik untuk pengambilan foto di tempat yang lebih tinggi dari ketiga gunung tersebut.

Di sebut Telaga Cebong karena di area telaga ini banyak terdapat berudu yakni anakan katak. Orang-orang lokal setempat menamakan berudu dengan sebutan “cebong” jadi telaga ini dinamakan sebagai Telaga Cebong. Jika dilihat sekilas dari puncak Gunung Sikunir, bentuk telaga ini juga memang mirip dengan anakan katak. Telaga Cebong terbentuk akibat letusan gunung berapi Dieng Plateau ribuan tahun silam. Telaga ini tampak seperti kapundan kawah besar berada di tengah-tengah perbukitan. Air Telaga Cebong berasal dari beberapa sumber mata air dan sebagian besar berasal dari air hujan. Makanya ketika musim kemaru tiba volume air telaga ini berkurang karena dimanfaatkan oleh penduduk sekitar Desa Sembungan untuk menyiram pertanian kentang atau sayur mayur di sekitarnya.

Tidak ada kadar belerang di dalam air Telaga Cebong, jadi ada beberapa jenis ikan tawar hidup di area ini, maka tak heran jika para wisatawan sesekali menyaksikan begitu orang-orang sedang memancing di tepian telaga dan Anda juga bisa bergabung dengan mereka jika memiliki hoby yang sama yakni memancing ikan di telaga.

Telaga Cebong memang menghadirkan suasana pegunungan khas. Lokasinya sangat unik yakni berada di tengah-tengah perbukitan dengan ladang-ladang kentang yang melandai kebawah hingga ketepian telaga. Anda juga dapat menyaksikan aktivitas penduduk lokal Desa Sembungan ketika hendak bertani serta ada beberapa spot objek yang biasanya digunakan untuk meneropong keindahan Telaga Cebong dari ketinggian seperti dari puncak Gunung Sikunir.

Spot Populer

Melihat Telaga Cebong dari Puncak Gunung Sikunir merupakan spot terpopuler yang dikejar oleh ribuan wisatawan. Panorama alam Telaga Cebong dengan background landscape Desa Sembungan serta lekuk indah pegunungan sekitarnya menjadi suguhan utama ketika menyaksikan telaga ini dari ketinggian. Hanya berjalan di medan tracking sejauh 800 meter pemandangan luar biasapun akan Anda saksikan.

Letak Telaga Cebong

Telaga Cebong terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Telaga ini sangat mudah ditemukan karena terletak di kaki Gunung Sikunir yang memiliki panorama matahari terbit paling fenomenal di Dieng Plateau yakni Golden Sunrise Sikunir. Jarak dari area Dieng Plateau menuju area parkir Telaga Cebong sekitar 7 km dengan jarak tempuh kurang lebih 10 menit perjalanan tanpa macet. Tidak ada akses transportasi umum menuju Telaga Cebong jadi para wisatawan diharuskan menggunakan kendaraan sendiri.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*