Telaga Merdada

telaga merdada

Telaga Merdada merupakan bagian dari destinasi wisata unggulan di Dataran Tinggi Dieng. Telaga ini ternominasi sebagai telaga terluas di Dieng Plateau yaitu kurang lebih 15 hektar. Telaga Merdada memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan telaga-telaga lainnya yang ada di area Dieng karena telaga ini dikelilingi oleh tebing dan bukit yang kakinya melandai hingga ketepian air.

Panorama Alam

Panorama Telaga Merdada dapat disaksikan langsung dari tepian telaga. Jika menginginkan pemandangan yang lebih leluasa Anda dapat mendaki perbukitan disekeliling Telaga Merdada. Titik dimana seseorang sering melihat Telaga Merdada secara sempurna dengan mendaki lereng Gunung Pangonan yang terletak di sisi timur dari arah pintu masuk utama.

Di area Telaga Merdada tepatnya di sebelah timur lereng Gunung Pangonan dahulunya terdapat barak-barak budidaya jamur Dieng jenis jamur kancing (champignon) dan tanaman carica yang dikelola oleh perusahaan ternama yakni PT. Dieng Jaya akan tetapi sekarang sudah tidak ada lagi dikarenakan perusahaan ini bangkrut dikala Indonesia mengalami krisis moneter tahun 1998. Sekarang area ini yang sebagian besar bukit dan lembah dialihfungsikan sebagai tempat pembudidayaan wasabi atau sering disebut dengan jahe jepang dan disebelah barat dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk bertani sayur mayur atau kentang.

Sejarah Terbentuknya Telaga

Hampir semua danau yang ada di Dieng terbentuk akibat letusan vulkanik yang terjadi ratusan tahun silam. Begitu juga Telaga Merdada, telaga ini terbentuk karena aktivitas Gunung Dieng bahkan diperkirakan sebagai bekas kawah yang sudah mati. Air yang ada di Telaga Merdada sebagian besar bersumber dari air hujan dan sedikit mata air disekitarnya. Telaga ini terancam kekeringan ketika musim kemarau tiba karena tidak ada lagi hutan pelindung atau resapan air. Bahkan para petani kentang mengambil air untuk pengairan ladang-ladang mereka dari Telaga Merdada, tidak heran ketika mengunjungi dan berkeliling di telaga terluas di Dieng ini Anda akan menyaksikan ratusan pipa-pipa putih merayap ke lahan kentang yang berbukit.

Ketika Telaga Merdada pasang tepatnya di pertengahan musim penghujan, Anda bisa berperahu mengelilingi Telaga Merdada. Selain berperahu, aktivitas yang sering dilihat di Telaga Merdada ialah banyak orang-orang menyalurkan hoby mereka yaitu memancing, karena di telaga ini juga banyak terdapat ikan air tawar.

Letak Telaga Merdada

Telaga Merdada Dieng terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Rute yang dilalui ketika ingin menuju Telaga Merdada dari arah Desa Dieng ialah melewati Jalan Raya Dieng yang jarak nya 3,8 km. Sesampainya di Desa Karang Tengah terdapat gapura bertuliskan Telaga Merdada yang ada di sebelah kiri jalan. Dari gapura pintu masuk utama Anda akan disuguhi pemandangan khas Dataran Tinggi Dieng yaitu area ladang petanian yang dibuat terasiring serta melihat pedesaan yang ada dibawahnya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*