Wisata Dieng 3 Hari 2 Malam

Ingin menghabiskan waktu liburan ke tempat yang indah, udara sejuk serta kekayaan alam melimpah? Wisata Dieng 3 hari 2 malam ialah solusi liburan tepat bagi Anda yang ingin menikmati liburan lebih lama dan mempunyai waktu luang untuk bersantai dengan nuansa dingin pegunungan seperti di Dieng. Romansa pegunungan ialah inti dari wisata Dieng Plateau dengan berbagai kekayaan di dalamnya yang menjadi daya tarik wisatawan dari berbagai daerah dan negara. Aneka obyek wisata alam pilihan dapat semua dikunjungi bila memilih perjalanan tour wisata Dieng 3 hari 2 malam. Mulai dari berjelajah berkeliling ke alam liar dan terbuka, wisata sejarah, wisata geology, menikmati sunset dan sunrise cantik hingga mengenal lebih dalam tentang culture setempat dengan identitas unik serta mendapatkan pengalaman kulineran lokal dan hidangan lezat penuh cita rasa.

Jadwal tour wisata Dieng 3 hari 2 malam dapat diatur sendiri dan bisa juga meminta rekomendasi tempat wisata dengan mengutarakan keinginan kepada tour operator Anda karena waktu liburan yang dimiliki sangatlah leluasa. Kurang lebih 17 destinasi wisata di Dieng Plateau dapat selesai terkunjungi dalam wisata Dieng 3 hari 2 malam.

Itinerary Dieng 3 Day 2 Night

Hari ke -1

  • 07.15-07-25 Peserta tour berkumpul di tempat penjemputan dan siap berangkat menuju Dieng
  • 07.25-11.00 Perjalanan dari tempat penjemputan ke kota Wonosobo
  • 11.00-12.00 Tiba di Kota Wonosobo, istirahat (bisa santap siang dahulu di local restaurant)
  • 12.00-13.30 Perjalanan melewati lembah Dieng menuju wisata Gardu Pandang Tieng
  • 13.30-14.30 Tour ke Batu Pandang (menyaksikan Telaga Warna & Pengilon) spot 1
  • 14.30-15.15 Tour ke Dieng Plateau Theater (menyaksikan tayangan tentang Dieng Plateau)
  • 15.15-17.00 Tour ke Museum Kailasa dan candi Dieng (Candi Gatotkaca & Candi Arjuna)
  • 17.00-18.00 Menikmati sunset dan nuansa Dieng dari ketinggian di Bukit Scooter
  • 18.00-19.15 Check in penginapan (hotel/homestay di Dieng atau Wonosobo)
  • 19.15-20.45 Makan malam dan acara bebas

Itinerary wisata Dieng 3 hari 1 malam dimulai pada pukul 07.15 pagi hari. Pagi hari adalah waktu yang tepat sebagai waktu penjemputan di area meeting point agar waktu yang dimiliki lebih leluasa. Tempat penjemputan atau meeting point bisa dari kota-kota terdekat dengan Dieng seperti Purwokerto, Yogyakarta, Semarang, Surakarta dan lain sebagainya. Perjalanan dari meeting point menuju Dieng menghabiskan waktu kurang lebih 3 hingga 4,5 jam perjalanan. Itinerary hari pertama diaawali dengan mengunjungi 6 obyek wisata yang mengagumkan di Dieng. Mulai dari menyaksikan landscape pegunungan Dieng yang dikelilingi oleh lembah serta areal pertanian kentang berteras mengerucut serta didamaikan sepoi angin pegunungan pada ketinggian 1.789 mdpl di obyek wisata Gardu Pandang Tieng. Kemudian dimanjakan oleh pemandangan mempesona dari atas bukit, 2 danau alami berbeda warna yaitu Telaga Warna dan Telaga Pengilon kemudian beranjaklah untuk menyaksikan film dokumenter pendek yang memuat sejarah Dieng, geografi Dieng, culture Dieng dalam waktu 23 menit di Dieng Plateau Theater. Dieng tidak hanya menyajikan wisata alamnya saja, Anda wajib mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang menjadi bagian terpenting dalam wisata Dieng 3 hari 2 malam yaitu ke sebuah petilasan mahakarya nenek moyang Dieng yang masih utuh berupa bangunan candi-candi kuno di Komplek Candi Arjuna, Candi Gatot Kaca dan Museum Kailasa. Ketika senja mulai tampak memerah dan Anda masih bersemangat menikmati alam Dieng, naiklah ke bukit mungil yang disebut bukit Scooter. Bukit Scooter merupakan sebuah tempat asyik untuk menyaksikan matahari tenggelam dengan menyisakan kabut tipis menyelimuti area Plateau Dieng menjadikan nuansa sore hari makin romantis dan sebagai penutup hari yang sempurna. Kemudian tibalah waktu untuk check in penginapan. Letak penginapan yang dipilih bisa di sekitaran Dieng atau pusaran Kota Wonosobo sesuai permintaan peserta tour sebelumnya di penawaran.

Hari ke -2

  • 07.00-09.00 Star pagi dan tour ke Kawah Candradimuka dan Telaga Dringo
  • 09.00-09.30 Singgah ke Sumur Jalatunda
  • 09.30-10.15 Tour ke Kawah Sileri
  • 10.15-14.00 Tour ke Padang Savana atau bisa diganti ke Bukit Sidengkeng (optional tour)
  • 14.00-16.00 Break, tour ke Telaga Warna dan Telaga Pengilon
  • 16.00-18.30 Istirahat di penginapan
  • 18.30-20.00 Dinner
  • 20.00-02.30 Acara bebas dan istirahat

Pagi hari setelah selesai santap pagi, para peserta tour telah ready untuk melanjutkan perjalanan di hari ke2. Itinerary hari ke dua diawali dengan mengunjungi danau anti mainstream di Dieng diiringi perjalanan mengagumkan dan suasana alam mencengangkan. Keramahan para penduduk lokal menantang dinginnya pagi dengan berselimut sarung dan kupluk yang sedang bekerja di ladang-ladang akan menyambut Anda dengan senyuman saat perjalanan menuju ke Telaga Dringo dan Kawah Candradimuka. Jangan sampai terlewatkan pemandangan spektakuler di area Telaga Dringo yang indah sebelum area ini ditutupi oleh kabut gunung. Selepas berfoto dengan alam di Telaga Dringo dan Kawah Candradimuka Anda akan diajak singgah sebentar menyaksikan sumur raksasa berbentuk palung berdiameter 50 meter di kawasan Sumur Jalatunda. Pecahkanlah mitos masyarakat dengan menyempatkan diri melempar batu sejauh mungkin hingga mengetuk dinding sumur paling ujung. Sumur ini terbentuk secara alami setelah terjadi letusan dahsyat ribuan tahun silam dan menyisakan palung raksasa hingga kini. Masih di kawasan wisata Dieng zona 2, berlanjut tour ke Kawah Sileri. Pemandangan menakjubkan bisa Anda saksikan dari kejauhan dengan latar belakang gunung dan lahan pertanian dengan tanaman endemik.

Rasakan inspirasi di alam bebas sebuah lahan luas yaitu di padang savanna yang berlapiskan permadani rumput terbuka dan lebar dan dikelilingi hutan akasia hijau. Dengan trekking atau berjalan kaki selama 45 menit tempat ini bisa dijangkau. Trekking ke padang savanna merupakan salah satu cara untuk menyatukan diri dengan pemandangan sekitar. Ada pilihan lain bila ke padang savanna terlalu melelahkan, itinerary tour bisa diganti menuju Bukit Sidengkeng. Pemandangan tak kalah hebat yaitu Anda bisa menyaksikan gradasi warna sempurna yang dipancarkan oleh Telaga Warna dan Telaga Pengilon hanya dengan perjalanan trekking 20 menit. Bersantai ditepi danau bukanlah cara klasik. Nikmati ketenangan dan keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon langsung dari tepian danau di area konservasi sumber daya alam (BKSDA). Acara selanjutnya ialah kembali ke penginapan, dinner dan istirahat malam.

Hari ke -3

  • 03.00-08.00 Sunrise Sikunir & Tour ke Telaga Cebong
  • 08.00-10.45 Istirahat di penginapan
  • 10.45-12.15 Check out penginapan kemudian tour ke Telaga Menjer & perkebunan teh
  • 12.15-14.15 Wisata kuliner dan berbelanja oleh-oleh khas Dieng Wonosobo
  • 14.15-18.15 Perjalanan pulang menuju meeting point semula
  • 18.15-19.00 Tiba di tempat drop off dan wisata Dieng 3 hari 2 malam selesai

Bersiaplah jam 03.00 dini hari untuk menyongsong matahari terbit dari puncak bukit Sikunir. Bila peserta tour menginap di seputaran kota Wonosobo maka berangkat pukul 03.00 a.m dan bila menginap di penginapan area Dieng Plateau start pukul 03.30 a.m. Jangan lewatkan moment yang ditunggu-tunggu oleh wisatawan dari berbagai pelosok wilayah hanya untuk menyaksikan indahnya golden sunrise yang bersembunyi di balik gunung-gunung tinggi di Jawa Tengah. Perjalanan pagi ini diawali dengan melakukan pendakian kecil selama 35 menit untuk pendaki pemula dan kurang dari 20 menit untuk pendaki profesional. Medan menanjak masih berupa batu dan tanah serta panjang track 800 meter mewajibkan para peserta tour untuk tidak melewatkan perlengkapan seperti sepatu gunung, jaket hangat, kaos tangan, tutup kepala dan lampu senter. Tour ini tidak direkomendasikan untuk balita dan lansia dan bisa menunggu di area parkir saja. Selain menyaksikan keindahan Golden Sunrise Sikunir Anda akan mendapatkan panorama plus yaitu menyaksikan Telaga Cebong dari ketinggian dengan landscape memukau berlatar belakang Gunung Bisma. Seusai menikmati matahari terbit dari puncak sikunir, para peserta tour memiliki waktu lebih untuk beristirahat sejenak di penginapan sebelum melanjutkan perjalanan berikutnya. Setelah check out penginapan, perjalanan wisata ke Dieng akan ditutup dengan mengunjungi danau terluas dan terbesar di lereng Dieng yaitu Telaga Menjer. Peserta tour bisa merasakan berperahu mengelilingi setiap sudut Telaga Menjer kemudian nikmatilah keindahan Telaga Menjer dari ketinggian dari area perkebunan teh tambi di lembah Gunung Seroja. Untuk menyempurnakan perjalanan wisata Dieng 3 hari 2 malam, Anda akan diajak untuk mencicipi aneka hidangan lezat khas Wonosobo yaitu mie ongklok di warung-warung tradisional dan terkemuka kemudian dilanjutkan mampir ketempat pusat oleh-oleh untuk berbelanja jajajan khas Dieng Wonosobo seperti carica, purwaceng dan aneka olahan lokal lainnya. Lengkap sudah perjalanan wisata 3 hari 2 malam kemudian barulah para peserta tour diantar kembali ke tempat drop off. Tempat drop off bisa sama dengan meeting point atau bisa berbeda. Selang waktu 3 hingga 4 jam perjalanan tibalah di tempat drop off dan tour selesai. Semoga tour 3 hari 2 malam ke Dieng akan membawa kesan puas dan menyenangkan. Sampai jumpa di trip Dieng berikutnya.

Layanan dan fasilitas:

  1. Layanan private Dieng Tour,
  2. Aktivitas tour (tiket masuk obyek wisata Dieng tertera di itinerary),
  3. Transportasi (include : kendaraan, driver, bbm, parkir),
  4. Penginapan 2 malam (hotel melati, hotel 2/4 star dan homestay),
  5. Tour leader / Tour guide,
  6. Akomodasi crew (tour guide & driver).

Tidak termasuk:

  1. Layanan makan selama tour,
  2. Pengeluaran pribadi,
  3. Asuransi perjalanan,
  4. Biaya menuju meeting point (tiket pesawat, kereta atau travel),
  5. Tour tambahan (tambahan tour diluar itinerary wisata Dieng seperti tour ke Jogja dan ketempat lainnya).

Keterangan:

  1. Kota meeting point : Wonosobo, Yogyakarta, Purwokerto, Semarang, Surakarta dan Magelang,
  2. Harga telah dikurangi layanan makan,
  3. Untuk wisata rombongan bisa request layanan makan,
  4. Perlengkapan yang dibawa : P3K standard, jaket hangat, sarung tangan, tutup kepala, sepatu trekking, lampu penerangan/lampu senter,
  5. Informasi tambahan:
    Wonosobo-Dieng = 45 menit,
    Purwokerto-Dieng = 3 jam,
    Yogyakarta-Dieng = 3.5 jam,
    Semarang-Dieng = 4 jam,
    Surakarta-Dieng = 4.5 jam.