Dieng Plateau Theater adalah sebuah gedung yang berada diperbukitan bagian atas Telaga Warna. Gedung ini dibangun oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo bersama dengan instansi terkait untuk pengembangan destinasi wisata Dieng yang telah memiliki kemajuan pada masa pemerintahan Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan diresmikan langsung oleh beliau pada tahun 2008 silam. Dieng Plateau Theater selayaknya sebuah bioskop, disini para wisatawan dapat secara enjoy menyaksikan film dokumentasi tentang Dieng Plateau secara lengkap.

Bangunan yang berdiri megah dan kokoh bahkan memiliki arsitektur unik seperti rumah adat ini, mampu menyedot wisatawan yang sedang berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng. Pangetahuan serta pengalaman tentang Dieng akan didapatkan ketika para wisatawan menyaksikan sebuah tayangan dokumenter singkat yang telah dikemas secara menarik.

Terletak tidak jauh dari obyek wisata utama lainnya di Dieng Plateau membuat tempat ini ramai hilir mudik dikunjungi para pelancong. Sebelum tiba di lokasi, sambutan asyik akan terhantar ketika mulai memasuki gerbang bertuliskan Dieng Plateau Theater. Rimbunnya hutan pinus serta bunga-bunga terompet berwarna kuning tumbuh di kanan serta kiri jalan menjadi awal suguhan yang menarik. Beberapa menit kemudian dari gapura masuk, tampak sebuah bangunan megah berdiri di kiri jalan. Film dokumetasi yang ditayangkan Dieng Plateau Theater hanya berdurasi 23 menit. Tidak ada jam khusus kapan pemutaran film dokumentasi tentang Dieng tersebut dimulai karena diputar setiap saat ketika ada pengunjung datang. Sekali-kali ketika pemutaran film berlangsung Anda akan menunggu beberapa menit sampai film tersebut selesai. Sembari menunggu pemutaran film selanjutnya Anda bisa menyaksikan panorama alam terlukis indah di sekitar Dieng Plateau Theater diantaranya tampak area Kawah Sikidang, area pertanian serta deretan perbukitan yang indah dan Anda juga bisa mencicipi kuliner khas Dieng seperti aneka kripik jamur, kentang atau sekedar secangkir minuman hangat di warung-warung kecil sekitar.

Tema film dokumenter yang dapat disaksikan di Dieng Plateau Theater yakni membahas tentang geografis Dieng, akses menuju Dieng serta awal mula terjadinya Plateau Dieng. Para pengunjung juga akan dikenalkan beberapa tempat terindah di Dieng Plateau yang dijadikan sebagai tujuan wisata popular. Dokumentasi tentang seni, budaya, adat istiadat serta kepercayaan penduduk lokal juga menjadi suguhan utama tayangan tersebut seperti dokumentasi tentang anak-anak rambut gimbal Dieng. Anda juga akan mengetahui kapan terjadinya tragedi puluhan tahun silam di Kawah Sinila dan Kawah Timbang. Ada bagian menarik yang dapat disaksikan ketika musim dingin tiba di DIieng yakni munculnya salju Dieng atau kristal-kristal es diakibatkan karena suhu udara sangat ekstrim hingga minus 4 derajat celcius di malam hingga pagi hari.

Dieng Plateau Theater adalah destinasi wisata Dieng yang penting dikunjungi karena ada pengetahuan tersirat di dalamnya dan harus Anda ketahui, tidak hanya sekedar berrekreasi saja akan tetapi mendapatkan pengetahuan berharga ketika melakukan perjalanan wisata. Banyak orang bilang “it’s not about the destination but it’s about the journey”.

Lokasi Dieng Plateau Theater

Secara Geografis Dieng Plateau Theater berada di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Dari jalan raya Wonosob- Dieng, tepatnya di pertigaan Dieng ambillah rute jalur yang mengarah ke Telaga Warna. Jarak dari pertigaan Dieng menuju Dieng Plateau Theater kurang lebih 2 km dengan lama perjalanan menggunakan kendaraan kurang lebih 5 menit tanpa macet. Letaknya memang disebuah area yang agak tinggi dari Plateau Dieng jadi pemandangan yang tersaji di area ini terlihat sangat indah.