Daftar Stasiun Kereta Api Dekat Dieng

Daftar Stasiun Kereta Api Dekat Dieng

Stasiun Kereta Api dekat dengan Dieng, pilih perjalan anda yang paling dekat atau paling nyaman. Stasiun Kereta Api yang paling dekat dengan kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng. Pilihan menarik untuk pengalaman perjalanan wisata dengan Kereta Api.

Untuk menuju Dataran Tinggi Dieng menggunakan transportasi Kereta Api merupakan hal yang menyenangkan, pilihlah stasiun yang dianggap paling nyaman dan paling dekat dengan kota anda untuk menuju Dieng. Berikut penjelasan stasiun yang dekat dengan Dieng.

Baca juga: Tempat wisata populer di Dieng.

Gambaran secara umum pelaku wisata dari berbagai kota menuju Dataran Tinggi Dieng dalam memilih stasiun yang dekat dengan Dieng dan alasan mengapa memilih stasiun tersebut.

  1. Stasiun Purwokerto, traveler yang berasal dari kota sebelah barat Dieng Wonosobo seperti Jakarta, Tanggerang, Bekasi, Cilegon, Serang, Banten, Bogor, Bandung, Cirebon, dan berbagai kota lainnya. Alasan mengapa dipilih stasiun Purwokerto sebagai stasiun transit, karena merupakan stasiun yang paling dekat dengan kota asal, dibanding dengan stasiun Yogyakarta, stasiun Solo Balapan maupun Stasiun Semarang selisih perjalanan sekitar 5 sampai 6 jam perjalanan.
  2. Stasiun Yogyakarta, stasiun Solo Balapan dan Stasiun Semarang, dipilihnya stasiun Yogyakarta dan Stasiun Semarang untuk tujuan transit bagi traveler yang berasal dari kota sebelah timur seperti Surabaya, Malang, Banyuwangi, dan berbagai kota lainnya.

Daftar Stasiun Kereta Api yang Dekat Dengan Dieng Plateau informasi jarak, rute perjalanan, medan, armada.

Stasiun Besar Purwokerto

Stasiun Purwokerto merupakan stasiun kereta api kelas besar tipe A yang terletak di kota Purwokerto. Jarak Stasiun Purwokerto ke Wonosobo yaitu 89,1 Km atau dapat ditempuh dengan kendaraan kurang lebih 2 jam 10 menit. Rute perjalanan dari Purwokerto menuju Wonosobo adalah sebagai berikut :

Dari Stasiun Purwokerto, ke arah utara menuju jalan St, diteruskan ke jalan Pemuda menuju jalan Gatot Subroto, jalan Komisaris Bambang Suprapto, belok kanan ke jalan Mt. Haryono, belok kiri ke jalan Ajibarang Secang/jalan Jend. Soedirman, belok kanan untuk tetap di jalan Ajibarang/jalan Jend Soedirman.

Di bundaran, ambil jalan keluar ke-2 menuju Jl. Jend Soedirman/Jl. Raya Banjarnegara – Purwokerto/Jl. Karangsalam – Purwokerto Road/Jl. Suparjo Rustam, belok kiri ke Jl. Jendral Suprapto, Jl. Jendral Supapto belok kanan dan menjadi Jl. Letjend Suprapto, terus lurus ke Jl. Teuku Umar, terus ke Jl. Kalianja, terus ke Jl. Raya Pacinan – Kedungbenda/Senon

Belok kanan ke Jl. Raya Pacinan, belok kiri terus ke Jl. Raya Tidu, belok kanan, belok kiri menuju Jl. Lanud Wirasaba, terus ke Jl. Lanutwirasaba, belok kanan ke Argandaru/Jl. Mandiraja – Banyumas/Jl. Raya Banjarnegara Purwokerto / Jl. Raya Banyumas – Banjarnegara / Jl. Raya Klampok / Jl. Raya Susukan.

Terus ke Jl. Campur Salam / Jl. Letjend Suprapto / Jl. Raya Brengkok – Bnajarnegara / Jl. Raya Semampir, belok kanan ke Jl. Campur Salam / Jl. Pemuda / Jl. Raya Brengkok – Banjarnegara, belok kiri ke Jl. Bayangkara, belok kiri setelah Percetakan Sinar Gemilang (di sebelah kiri). Wonosobo. Kec. Wonosobo Jawa Tengah.

Stasiun Kutoarjo

Stasiun Kutoarjo terletak di kota Purworejo, jarak dari stasiun menuju Wonosobo yaitu 62,9 Km dan dapat ditempuh dengan kendaraan, memakan waktu kurang lebih 1 jam 48 menit. Stasiun kutoarjo merupakan stasiun besar tipe B.

Stasiun Yogyakarta

Stasiun Yogyakarta berada di sebelah utara Malioboro, banyak traveler yang memanfaat waktu di pagi hari untuk berjalan-jalan di malioboro dan membeli jajanan sebelum melanjutkan perjalananaya ke Dieng. Jarak stasiun Yogyakarta ke Wonosobo yaitu 93,2 Km atau 2 jam 40 menit.

Stasiun Semarang

Kota Semarang yang terkenal dengan makanan khasnya yaitu Lumpia juga terkenal dengan Simpang Lima tentu akan membuat para traveler ingin merasakan nikmatnya singgah di kota ini sebelum melanjutkan perjalanan ke Dieng. Perlu diketahui jarak perjalanan dari stasiun Semarang menuju Wonosobo adalah 124,3 Km atau 2 jam 55 menit.

Dari semua stasiun yang ada, para traveler bisa melanjutkan perjalanannya ke Dieng dengan kendaraan yang disesuaikan dengan jumlah peserta yang akan mengikuti perjalanan wisata di Dataran Tinggi Dieng seperti Big Bus, Medium Bus, Elf, HiAce, Mini Bus (Innova, Avanza, APV dll).

Medan jalan yang dilalui dari stasiun Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan dan Semarang rata-rata baik jika mengikuti arahan driver yang sudah berpengalaman dibidang wisata. Namun jika anda hanya mengandalkan google map kemungkinan jalan yang dilalui tidak sesuai dengan harapan. Karena jalan menuju Dieng banyak sekali. Dan dimungkinkan anda akan mencari jalan yang paling dekat padahal jalan tersebut tidak/kurang layak untuk dilalui.

Leave a Comment