Panduan Backpacker ke Dieng dari Jakarta

Perjalanan penuh dengan pengalaman pribadi yang banyak digandrungi anak muda jaman now! Vakansi dengan backpacker ke Dieng dari Jakarta yang banyak membuat decak kagum orang tua kepada anaknya. Untuk memulai perjalanan backpacker tentu perlu disiapakan mental yang sekuat baja.

Alasan mengapa vakansi dengan rangsel di punggungmu?

Selain untuk menghemat biaya perjalanan, backpacker juga melatih mental kemandirian pada diri anak muda. Mental tidak mudah menyerah, mental yang kuat menghadapi kondisi di lapangan dan harus bisa mengatasi berbagai masalah yang dihadapi selama perjalanan. Tentu ini sangat menguntunkan bagi bangsa Indonesia ke depan, jika anak-anak muda berani keluar rumah tanpa harus didampingi si mami.

Perjalanan dari ibu kota negara menuju pelosok Dataran Tinggi Dieng merupakan hal yang menantang bagi para pelaku backpacker. Berikut ini penjelasan perjalanan dari Jakarta menuju Dieng Plateau:

Moda Transportasi Apa Saja dan Bagaimana Cara Menuju Dieng?

Tentu tidak ada moda transportasi yang dari Jakarta langsung akses ke Dieng. Berbagai pilihan dan dari Jakarta transit ke berbagai kota pilihan sebelum sampai ke Dieng Plateau yang bisa anda pilih:

Moda Transportasi Pesawat

Jika anda memilih pesawat sebagai moda transportasi, pilihlah kota sebagai pendaratan pesawat seperti Yogyakarta, Semarang, dan Solo. Bila anda mendarat di bandara Adi Soetjipto Jogja, untuk menuju Dieng maka diperlukan akses menuju kota Wonosobo.

Untuk menuju Wonosobo anda perlu menggunakan transportasi seperti, bus, travel, sewa mobil. Bila anda menggunakan bus maka anda bisa menuju terminal Jombor maupun Giwangan, namun tidak ada bus jurusan Jogja – Wonosobo, dengan alternatif anda bisa turun di terminal Magelang dan melanjutkan dengan menggunkan mikro bus jurusan Magelang – Wonosobo.

Sedangkan bila anda mendarat di bandara Ahmad Yani Semarang, anda bisa menggunakan bus jurusan Semarang – Wonosobo. Begitu juga dengan bandara di Solo yaitu adi Soemarmo, anda bisa menggunakan bus yang langsung ke Wonosobo.

Moda Transportasi Kereta Api

Kalau menggunakan kereta api anda bisa memilih kota trasnsit atau stasiun transit seperti stasiun Yogyakatra, stasiun Semarang, Stasiun Solo Balapan, stasiun Kutoarjo, dan stasiun Purwokerto, namun saran dari kami untuk para backpacker untuk transit di stasiun Purwokerto, karena merupakan stasiun yang paling dekat dan paling mudah akses ke Wonosobo. Perjalanan dengan kendaraan umum sekitar 2 – 3 jam.

Moda Transportasi Bus

Perjalanan backpacker menggunakan bus merupakan pilihan yang lebih menantang, karena lama perjalanan dari Jakarta sampai terminal Mendolo Wonosobo sekitar 7,5 – 10 jam.

Setelah sampai terminal mendolo anda bisa melanjutkan perjalanan menuju terminal Dieng dengan menggunakan angkutan kota berwarna kuning, namun saran dari kami lebih baik menggunakan mikro yang tidak ngetem, gunakanlah mikro yang langsung nrayek ke Dieng.

Untuk mendapati mikro tersebut yaitu di pinggir jalan seperti di Kauman, Bruk Menceng, anda tinggal bilang sama driver angkutan kota agar berhenti di tempat tersebut.

Sesampainya di Dieng anda bisa memilih penginapan yang murah seperti homestay, hostel, dan hotel atau anda bisa mendirikan tenda dum di sekitar Dataran Tinggi Dieng yang tidak ada larangan mendirikan tende dum, seperti di dekat telaga Cebong, Bukit Sidengkeng, dan kawasan lain yang tidak mengangu masyarakat umum.

Untuk makan di Dieng Plateau, untuk kantong backpacker Jakarta termasuk murah (nasi ayam, nasi goreng, gulai, tongseng, mie ayam, bakso, mie ongklok dll) dibandrol mulai harga Rp 15.000 sampai Rp 45.000, untuk harga Rp 45.000 (tongseng, bahan dari daging sapi, kambing).

Estimasi biaya backpacker

Estimasi biaya backpacker dengan menggunakan moda transportasi bus

  1. jurusan Jakarta (terminal Kramatjati) – Wonosobo = Rp 123.000 x 2
  2. terminal Mendolo – terminal Dieng = Rp 3.000 x 2
  3. terminal Dieng – Dieng Plateau = Rp 15.000 x 2
  4. biaya penginapan satu malam = Rp 275.000
  5. biaya makan 3 x makan x Rp 25.000 = Rp 75.000 x 1
  6. total biaya backpacker satu hari kurang lebih Rp 632.000,00
  7. belum termasuk biaya tiket objek wisata dll

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *