Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berwisata ke Dieng

Banyak kebiasaan-kebiasaan buruk di rumah, kita bawa ke tempat wisata yang seharusnya itu menjadi pantangan. Orang sering kali melalaikan kebiasan-kebiasaan buruk yang tidak disadarinya yang dapat menggangu kenyamanan orang lain.

Untuk itu kita harus mengerti situasi dan kondisi dimanapun kita berada, jangan sampai kebiasaan yang buruk, kita bawa ke tempat wisata. Kita bisa mengubah kebiasaan buruk tersebut dengan perilaku yang baik, salah satunya yaitu dengan menaati aturan-aturan yang berlaku di tempat wisata.

Begitu juga berwisata ke Dataran Tinggi Dieng. Ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat berada di objek wisata. Berikut hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat berwisata ke Dieng.

Membuang Sampah Sembarangan

Hal yang sering dilalaikan sebagian orang yaitu membuang sampah secara sembarangan. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan yang tertanam pada seseorang dari kecil. Mereka membuang sampah tanpa merasa bersalah karena sudah menjadi kebiasaan.

Kalau tidak diri kita sendiri yang menanamkan sikap disiplin dalam membuang sampah pada tempat yang telah disediakan, maka orang lain yang harus tegas menegurnya, apabila melihat wisatawan yang membuang sampah secara sembarangan, dalam hal ini petugas wisata ataupun tour guide yang mengingatkan.

Memanjat Dinding Candi

Berburu foto yang cantik dan menantang sering kali melupakan kaidah-kaidah yang ada, salah satunya yaitu dengan memanjat dinding candi yang berada di komplek candi Arjuna. Padahal sudah terpampang dengan jelas ada tulisan ‘Dilarang Memanjat Dinding Candi”.

Memanjat dinding candi adalah contoh kebiasaan yang buruk yang tidak patut untuk ditiru oleh pengunjung lain. Meskipun itu untuk mendapatkan foto terbaik. Sebagai bangsa yang memiliki peninggalan yang bernilai sejarah seharusnya kita menjaga dengan baik dengan tidak memanjat dinding candi.

Mencorat-coret

Kebiasaan yang satu ini sering dilakukan oleh kebanyakan anak-anak muda, dengan mencorat-coret sesuatu yang ditemukan, misalnya dinding, pohon, batu, atau tempat lain. Mereka beranggapan sebagai kenangan bahwa mereka telah ketempat tersebut.

Hal ini sangat menggangu kebersihan lokasi wisata, tempat yang seharusnya terlihat bersih dan alami, terlihat kotor dan sangat menggangu pemandangan.

Melakukan Pengrusakan

Tidak hanya ditempat wisata, untuk yang satu ini yaitu melakukan pengerusakan merupakan tindakan kriminal. Hal ini bisa langsung ditindak tegas dan bisa dilaporkan kepada pihak yang berwajib.

Membuat Kegaduhan

Mengadakan acara ditempat wisata dengan tidak menggangu pengunjung lain adalah tindakan yang terpuji. Seperti fun games jika dilakukan ditempat yang banyak pengunjung, dan bila tidak mengerti situasi dan kondisi, hal ini bisa dikatakan membuat kegaduhan. Yang bisa menggangu kenyamanan orang berwisata.

Meskipun mengadakan fun games harus mengerti situasi dan kondisi, seperti fun games di komplek candi arjuna, kita bisa memilih tempat yang tidak banyak wisatawan, yaitu di sebelah barat arah pintu keluar, terdapat area yang cukup luas. Dan tidak mengadakan fun games di dekat candinya.

Kencing Sembarangan

Membuang air kecil sembarangan selain menimbulkan bau yang pesing juga merupakan akhlak yang buruk, hal ini harus kita hindari. Di semua tempat wisata Dieng sudah disediakan toilet umum. Bahkan sampai puncak bukit Sikunirpun sudah disediakan mushola dan toilet umum.

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *