Wisata Candi Arjuna Dieng

Berwisata ke peninggalan sejarah yang ada di Dataran Tinggi Dieng akan berbeda dengan berwisata ke tempat-tempat lain. Walau sama-sama bersejarah, di Dieng Plateau memiliki aura tersendiri karena merupakan salah satu peninggalan sejarah tertua di pulau jawa.

Peninggalan tersebut berupa candi yang tersebar di Dataran Tinggi Dieng, dan diperkirakan luas dari area candi mencapai 90 hektar. Keberadaan antara candi satu dengan candi yang lain saling berjauhan, kecuali di komplek candi Arjuna.

Luas Komplek Candi

Di komplek candi Arjuna luasnya kurang lebih 36 m2 dan terdapat lima bangunan candi diantaranya yaitu candi Arjuna, candi Srikandi, candi Sembadra, candi Puntadewa, dan candi Semar. Candi yang paling dulu dibangun adalah candi Arjuna dan yang paling akhir yaitu candi Puntadewa.

Untuk masuk ke komplek candi Arjuna setiap pengunjung yang datang wajib mengenakan kain jarit, sebagai identitas wisatawan atau ciri khas masuk ke dalam komplek candi.

Suasana Pagi di Candi Arjuna

Berkunjung ke komplek candi Arjuna saat pagi hari akan terasa sekali kesejukan udaranya, saat matahari belum menampakkan batang hidungnya, saat yang pas untuk menapaki di setiap candi yang berdiri gagah.

Embun yang masih menempel di rerumputan, hawa sejuk semakin akrab setelah semalam bermalam di homestay-homestay yang tersebar di Dataran Tinggi Dieng. Akan lebih terasa kenangan yang akan melekat terus sampai anda kembali ke kota anda masing-masing.

Suasana Sore di Candi Arjuna

Bila pagi tak dapat diraih maka waktu yang pas adalah pada sore hari. Komplek candi yang berselimut kabut tebal pegunungan Dieng akan muncul mulai pukul 16.30 WIB. Pengunjung bisa datang sebelum jam tersebut.

Berfoto di tengah-tengah kabut dengan lima candi yang mendampinginya akan terasa lebih memiliki daya tarik khas pegunungan Dieng. Manfaatkan kesempatan mendapatkan kenanagan terindah dan waktu yang pas untuk kunjungan wisata anda.

Bisa untuk Fun Games

Hal yang jarang diketahui oleh kebanyakan wisatawan, bahwa di komplek candi arjuna, peserta wisata bisa mengadakan acara outing dan gatering family dengan permainan yang menyenangkan. Jadi di lokasi komplek candi Arjuna tidak hanya melihat situs-situs candi saja.

Mengadakan fun games dengan alat-alat seperti pengeras suara / sound syistem, drone harus melalui ijin terlebih dahulu kepada petugas yang berada di lokasi tiket. Persiapakan peralatan yang anda butuhkan sebelum memasuki komplek candi.

Tempat untuk fun games bisa di dekat candi, bila pengunjungnya sedang sepi yaitu pada hari-hari bisa seperti hari Senin sampai Kamis, namum pada hari Sabtu, Minggu biasanya pengunjungnya sangat ramai sehingga tidak bisa fun games di samping candi.

Jadi untuk fun gamesnya bisa di alihkan ke sebelah barat pintu keluar, di area tersebut cukup luas untuk mengadakan fun games. Di tempat tersebut juga ditumbuhi oleh pohon-pohon yang rindang. Dan merupakan tempat yang paling nyaman untuk fun games di Dien Plateau.

Peninggalan wangsa Sanjaya

Itulah peninggalan wangsa Sanjaya pada abad ke VI sampai abad ke XI yang kini sudah ditinggalkan oleh pemeluk agama Hindu di Dataran Tinggi Dieng, disebabkan bencana yang sangat dashyat yang terjadi pada abad ke XI di Dieng Plateau. Kini masih tersisa bangunan-bangunan candi yang berada di Dataran Tinggi Dieng dan diperkirakan masih banyak bangunan candi yang belum ditemukan.

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *