Wisata sunrise Bukit Sikunir

Wisata sunrise Bukit Sikunir

Berwisata sunrise ke Bukir Sikunir tak ada bosan-bosannya, karena merupakan tempat yang alami yang tak bisa ditandingi oleh wahana-wahana buatan manusia yang terus berkembang untuk saat ini. Di alam bebas semua wisatawan akan mendapatkan pemandangan cuaca yang setiap hari bisa berubah.

Terutama di Bukit Sikunir, tidak setiap hari cuaca di Bukit Sikunir itu sama, bila beruntung para pengunjung bisa mendapatkan golden sunrise yang indah, awan yang mengumpal pas di bawah bukit, serta gunung – gunung yang berada di sebelah timur akan kelihatan dengan jelas.

Namun di sisi lain bila cuaca tidak mendukung jangankan golden sunrise, awanpun tak dapat kita jumpai, hanya kabut yang menyelimuti bukit, dan kita benar – benar berada dalam kabut putih tanpa bisa melihat sekeliling.

Mau liburan ke Sikunir? Paket wisata Sikunir murah.

Suasana itu sangat apik dan tak ada kata mengeluh yang terucap dari para pelancong yang berada di puncak Sikunir, mereka menikmati suasana dengan ceria. Bila terang sedikit mereka berteriak girang yang membuat puncak Sikunir semakin rame.

Waktu yang Pas untuk Sunrise

Untuk mendapatkan golden sunrise di Bukit Sikunir, waktu yang pas adalah pukul 05.20 – 05.55 WIB pada bulan Februari – Maret. jadi persiapan yang harus dilakukan sebelum trakking adalah pukul 04.00 WIB sudah harus berangkat dari parkiran Sembungan.

Apabila anda menginap di homestay yang ada di Dieng Plateau maka pukul 03.15 WIB harus sudah berangkat menuju desa Sembungan. Namun apabila anda menginap di Wonosobo maka pukul 02.00 WIB kendaraan harus sudah siap jalan.

Yang Dilakukan Dipuncak Sikunir

Apa saja yang dapat dilakukan di puncak Sikunir. Untuk masa sekarang teknologi untuk mengabadikan gambar sudah sangat cangih, jadi selain berswafoto kegiatan yang bisa dilakukan adalah menikmati alam dengan segala kesejukannya, menikmati keindahan telaga Cebong dari atas, dan bersantai.

Mendaki Bukit Sikunir

Di Bukit Sikunir ada tiga pos yang bisa anda daki, pos pertama dengan fasilitas toilet, mushola, dan tempat untuk menikmati golden sunrise pas lurus depan mushola. Untuk mencapai pos pertama anda akan melalui kurang lebih 267 anak tangga berbatu yang sudah dibuat dengan rapi.

Kurang lebih lima menit perjalanan trakking anda sudah sampai di pos dua. Di pos dua anda bisa menikmati golden sunrise dan awan – awan yang mengumpal di atas kota Ungaran Semarang. Di pos dua fasilitas yang disediakan tempat duduk yang terbuat dari batu.

Hampir sama waktu untuk mencapai pos tiga yaitu sekitar lima menit jika mendaki dari pos dua. Jadi sangat disayangkan bila sudah sampai pos satu perjalanan tidak dilanjutkan sampai puncak. Di pos tiga merupakan pos yang paling luas.

Untuk menikmati golden sunrise, pertama anda akan menjumpai gardu / gasebo, jalan ke sebelah barat puncak berbatu yang sangat indah, ke sebelah barat lagi puncak berpohon, anda bisa melihat telaga Cebong.

Mushola dan toilet di pos tiga pada akhir pekan dibuka pukul 04.00 WIB, namun pada hari – hari biasa akan dbuka lebih siang, atau bahkan tidak dibuka sama sekali tergantung dari pengunjung yang datang ke puncak Sikunir. Bila menggunakan tout guide, biasanya tour guide yang akan menelepon penjaga mushola untuk kepentingan pendakian.

Leave a Comment