6 Daftar Kuliner Khas Dieng Wonosobo

Mari kita bahas satu persatu daftar kuliner khas yang ada di Dieng Wonosobo ini. Makanan khas ini mudah untuk kita dapatkan, jadi jangan khawatir tentang stok yang ada.

Mengunjungi suatu wilayah yang pertama diingat biasanya adalah kulinernya, mau tau saja! apa mau tau banget! tentang kuliner yang ada di tempat wisata populer di Dieng Wonosobo!

Makan makanan khas merupakan hal yang selalu ditanyakan oleh para traveler jika mengunjungi suatu tempat untuk liburan. Rasa penasaran terhadap makanan khas suatu daerah menjadi hal yang sangat lumrah. Hal ini menjadi pelengkap sekaligus mengobati rasa penasaran jika sudah mencicipi makanan tersebut.

Buat para traveler yang berkunjung ke Dieng Plateau, jangan lupa membawa oleh-oleh khas Dieng ini, dan dapat dijadikan buah tangan untuk keluarga, dan kerabat. Ini dia daftar makanan khas Dieng Wonosobo yang kami rekomendasikan untuk sobat traveler.

Mi Ongklok

Mi yang satu ini merupakan makanan khas Dieng Wonosobo yang disajikan masih dalam keadaan panas, agar lebih nikmat mie ongklok disajikan dengan menu pendamping seperti sate sapi, tempe kemul, kripik tahu, atau kerupuk.

Olahan mi yang direbus mengunakan keranjang kecil ini sangat pas apabila disantap pada sore hari. Pada sore hari udara sudah mulai sejuk sehingga akan lebih nikmat kalau menyantap yang panas-panas seperti mi ongklok ini.

Untuk mendapatkan mi ongklok, di Dieng Wonosobo, sudah banyak sekali pedagang yang menjajakan dagangannya mulai dari warung makan maupun dijajakan keliling menggunakan gerobak.

Carica

Buah yang hanya bisa tumbuh di Dataran Tinggi Dieng ini selalu diburu oleh para traveler yang datang berkunjung ke wisata Dieng Plateau. Anda tidak akan bisa menjumpai buah ini selain di Dieng Plateau.

Buah yang hanya bisa dikonsumsi saat sudah diolah menjadi daya tarik wisatawan. Anda bisa menikmati olahan dari buah cacica ini dalam bentuk manisan, keripik, coklat carica, dan dodol.

Purwaceng

Kalau di Korea ada yang namanya ginseng, maka di Dataran Tinggi Dieng ada yang namanya purwaceng. Purwaceng merupakan minuman penambah setamina bagi yang meminumnya.

Purwaceng merupakan tanaman herbal yang banyak manfaatnya seperti dapat mengobati pegal-pegal dan menghangatkan tubuh.

Keripik Jamur

Dieng Plateau pernah mengalami kejayaan dalam bidang jamur, walaupun pabrik utama sudah tidak sebesar dulu, namun masyarakat Dieng terus mengembangkan makanan khas ini. Keripik jamur diolah oleh kebanyakan industri rumah tangga.

Berbagai pilihan keripik jamur yang dapat anda bawa pulang diantaranya yaitu keripik jamur tiram, keripik jamur kancing, dan keripik jamur kuping. Makanan yang gurik dan renyah ini sangat cocok untuk cemilan saat bersantai.

Terong Belanda

Selain buah carica anda bisa menemukan buah terong belanda, anda bisa membawa oleh-oleh ini dalam keadaan mentah maupun yang sudah dijadikan sirup. Terong belanda sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan.

Tempe Kemul

Tempe yang sudah akrab dengan telinga orang Indonesia, melalui tangan-tangan trampil diolah menjadi gorengan tempe kemul. Tempe yang dibaluri tepung yang berwarna kuning, warna kuning didapat melalui pewarna dari kunyit. Jadi warna dalam tempe kemul aman untuk dikonsumsi.

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *