Fasilitas umum yang ada di tempat wisata Dieng

Mengunjungi tempat wisata adalah hal yang ditunggu – tunggu saat liburan tiba. Dengan berlibur ke tempat – tempat pilihan seperti di Dataran Tinggi Dieng merupakan impian semua orang. Selain destinasi objek wisata yang dikunjungi, tentu saja sebagai traveler akan mempertimbangkan fasilitas umum yang disediakan.

Dengan adanya fasilitas umum yang ada, maka akan mempermudah para traveler dalam menggunakan faslitas umum tersebut. Apa saja fasilitas umum yang ada di sekitas tempat wisata Dieng Plateau ini, simak penjelasannya sampai tuntas ya.

Toilet

Fasilitas umum pertama kali dan yang paling banyak dicari setiap orang adalah toilet atau wc umum. Disetiap destinasi wisata di Dataran Tinggi semua sudah disedikan toilet, tidak hanya pihak pengelola saja yang menyediakan toilet, namun banyak dari para pedagang yang berinisiatif untuk menyediakan toilet.

Bahkan di bukit Sikunir, dari pertama kali pengunjung menginjakkan kaki di parkiran kaki bukit Sikunir, banyak sekali toilet yang telah disediakan. Selain itu di pos pendakian satu dan pos pendakian akhir juga sudah disediakan toilet.

Dengan fasilitas umum berupa toilet, diharapkan para wisatawan sudah tidak kebingungan lagi untuk mencarinya, karena saking banyaknya penyedia fasilitas tersebut. Diharapkan dengan banyaknya toilet yang tersedia disetiap objek wisata, tidak ada satupun pengunjung yang kencing sembarangan, meskipun itu anak kecil.

Tempat Sampah

Yang kedua yaitu tempat sampah. Fasilitas yang wajib ada disetiap beberapa meter harus terpasang dengan baik. Untuk memudahkan setiap orang yang membuang sampah dengan tepat, karena tidak setiap orang sadar akan tanggung jawabnya menjaga kebersihan lingkungan.

Baca juga: Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Berwisata ke Dieng.

Di objek wisata Dataran Tinggi Dieng, memang tidak ada aturan tegas bagi orang yang membuang sampah sembarangan. Dengan tidak adanya sanksi bagi si Pembuang sampah sembarangan, kadang sampah terlihat berserakan. Namun apabila tertangkap tangan oleh petugas pengelola wisata, maka petugas akan memperingatkan dengan tegas.

Parkir Mobil

Disetiap objek wisata sudah disediakan tempat parkir baik motor muapun mobil. Dengan demikian sebagai pengguna jasa parkir akan dikenai biaya. Biaya parkir tergantung dari jenis kendaraan. Untuk kendaraan beroda dua yaitu Rp 2.000, 00, kendaraan beroda 4 yaitu Rp 5.000,00, dan untuk kendaraan beroda 6 Rp 10.000,00.

Tempat Ibadah

Tempat ibadah yang ada di Dataran Tinggi Dieng yaitu berupa mushola dan masjid. Baik itu di lokasi objek wisata maupun di desanya. Fasilitas tersebut sangat banyak keberadaanya, sehingga para pelancong tidak kesulitan apabila ingin menggunakan fasilitaas tersebut.

Tempat Penginapan

Bagi pelancong yang datang ke Dataran Tinggi Dieng. Sudah tidak perlu khawatir apabila menginap di Dieng Plateau, meskipun Dieng Plateau merupakan desa terpencil, soal penginapan tidak kalah dengan yang di kota.

Banyak pilihan penginapan mulai dari homestay harga perkamar maupun sewa serumah, hostel, dan hotel juga tersedia di Dataran Tinggi Dieng ini, dengan AC alami tentu harga yang ditawarkan akan lebih murah.

Rumah Makan

Fasilitas umum yang satu ini wajib ada yaitu rumah makan, banyak rumah makan yang sudah dikelola dengan baik, baik untuk rombongan kecil maupun rombongan besar dengan kapasitas tempat duduk ratusan orang.

Angkutan Umum

Apabila anda datang ke Dataran Tinggi Dieng ini dengan moda transportasi umum, maka angkutan trayek jurusan Wonosobo – Dieng – Batur siap untuk mengantarkan anda. Selain digunakan untuk angkutan umum mikro bus juga bisa disewa.

Toko Oleh – oleh

Yang menjadi kenangan buah tangan untuk keluarga adalah pusat oleh – oleh khas Dieng Wonosobo . Anda dapat membedakan mana barang yang asli dengan barang yang aspal, karena tidak semua barang dagangan yang disediakan bermutu bagus. Salah satu cirinya yaitu denagn membandingkan harganya.

Baca juga: 6 Daftar Kuliner Khas Dieng Wonosobo.

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *