Hal-hal unik dan menarik yang ada di Dieng

Menyibak tabir Dataran Tinggi Dieng yang melegenda, kini saatnya anda harus tahu mengenai fakta – fakta menarik dan unik yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Temukan hal – hal yang menantang saat anda berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut.

Rambut Gimbal Si Banjang

Si anak Bajang sebutan untuk anak yang mempunyai ramput yang aneh dari manusia normal yaitu berambut gembel. Rambut yang kelihatannya tak terusus itu sebenarnya bukan karena jarang mandi dan tidak pernah sisiran. Melainkan merupakan fakta unik yang dimiliki oleh Dieng Plateau.

Fakta menarik dan unik ini terus menerus ada setiap tahunnya. Dan akan tetap ada sampai batas waktu yang tidak diketahui. Mereka yang mempunyai rambul gembel hidup normal selayaknya anak kecil. Dan tidak ada hal – hal aneh selain rambutnya.

Si anak Bajang mulai tumbuh rambut gembal tidak dari lahir, melainkan pada saat berumur sekitar lima tahunan. Ditandai dengan demam yang sangat panas yang tak kunjung sembuh antara tiga hari sampai empat puluh hari.

Pencukuran rambut gembel harus sesuai dengan tradisi turun temurun yang dipercayai oleh masyarakat Dieng Plateau. Syarat -syarat seperti si anak meminta sesuatu yang diinginkan dan harus dipenuhi oleh pihak keluarga.

Buah Endemik Carica

Buah mungil yang hanya tumbuh di Dataran Tinggi Dieng ini bernama latin Carica Papaya. Buah bangsa pepaya yang mempunyai banyak cabang ini tumbuh subur dengan buah yang sangat banyak. Semakin tua tanaman ini tumbuh semakin banyak pula buahnya.

Fakta unik dari buah Carica ini adalah tidak bisa dimakan secara langsung, bila anda memakan secara langsung dan terkena getahnya bibir anda bisa berkelut dan gatal perih. Untuk mengkonsumsi buah Carica yaitu diolah terlebih dahulu seperti dibuat manisan, keripik, dodol, dan coklat carrica.

Gingseng Dieng

Ginseng Dieng yang satu ini bernama Purwaceng yang merupakan minuman herbal, baik untuk kesehatan atau untuk minuman sehari – hari guna menghangatkan badan. Karena suhu udara di Dataran Tinggi Dieng ini sangat dingin.

Tanaman Purwaceng hanya tumbuh di Dieng Plateau, dan tidak semua orang bisa membudidayakan. Tanaman Purwaceng yang dimanfaatkan adalah mulai dari daun, batang hingga akar. Semakin tua tumbuhan ini hidup makan semakin berkhasiat pula untuk kesehatan.

Desa Tertinggi

Mau menggunjungi desa tertinggi di pulau jawa? Ya desa ini ada di Dataran Tinggi Dieng bernama Sembungan Village kecamatan Kejajar Wonosobo. Desa Sembungan mempunyai kawasan wisata yang cukup terkenal yaitu wisata sunirse Bukit Sikunir dan Telaga Cebong.

Untuk menuju desa tersebut dari Wonosobo harus melalui desa Dieng Wetan. Dari desa Dieng ditempuh dengan kendaraan sekitar dua puluh lima menit. Untuk masuk ke desa tersebut anda akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 10.000,00 perorang, dengan dua lokasi objek wisata Bukit Sikunir dan Telaga Cebong.

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *