Panduan wisata ke Dieng saat musim hujan

Berwisata saat musim hujan dengan persiapan yang sesuai dengan kondisi dan situasi. Banyak wisatawan yang berlibur saat musim hujan untuk mencari momen yang berbeda. Kini saatnya anda mencoba tantangan baru untuk berlibur di musim hujan.

Banyak destinasi yang menantang untuk dikunjungi saat musim hujan di Dataran Tinggi Dieng. Wisata alam yang banyak digemari oleh masyarakat perkotaan, yang akan membuat suasana semakin ceria.

Baca juga: Waktu yang paling tepat liburan ke Dieng.

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan saat liburan di musim hujan kali ini. Ternyata tidak hanya peralatan saja yang dibutuh saat musim hujan, namun persiapan yang lain pun sangat dibutuhkan. Simak panduan wisata ke Dieng saat musim hujan di bawah ini :

Cek Kondisi Tubuh

Sebelum liburan dimulai sebaiknya cek kondisi tubuh terlebih dahulu, karena anda akan berlibur tidak hanya saat musim hujan. Namun anda akan berlibur ke suatu daerah pegunungan Dieng, yang suhu udaranya berbeda dengan daerah lain.

Suhu udara di Dieng sangatlah dingin, bila kondisi tubuh anda tidak memungkinkan untuk berwisata saat musim hujan lebih baik tunda dahulu, sembari menunggu tubuh anda benar – benar sehat.

Daripada dengan memaksakan untuk tetap berlibur, nantinya hal – hal yang tidak diinginkan bisa terjadi dan membuat liburanmu jadi gatot atau gagal total.

Persiapan Mental yang Kuat

Untuk menghadapi liburan dan berwisata di Dataran Tinggi Dieng dimusim hujan, memang diperlukan persiapan mental yang kaut, dan tidak ada kata mengeluh. Dengan demikian liburan akan berjalan dengan tanpa hambatan.

Sebagai contoh mental harus kuat adalah itenerary yang telah dibuat dengan sempurna kadang tidak sesuai dengan kondisi saat di lapangan, yang mengharuskan ada beberapa destinasi wisata yang tidak dapat dikunjungi karena turun hujan yang deras.

Atau saat mengunjungi suatu destinasi wisata, pada saat kita masuk ke lokasi kondisi masih cerah, namun tiba – tiba hujan turun dengan derasnya tanpa ada tanda – tanda, seperti gerimis dulu atau petir.

Di Dataran Tinggi Dieng memang agak berbeda dengan dareah lain. Kalau didaerah lain cuaca bisa diprediksi, namuan kalau di Dieng Plateau tidak bisa, kadang cuaca panas dan tiba – tiba langsung turun hujan dan tidak bisa disangka – sangka.

Persiapan peralatan

Persiapan peralatan saat berwisata di Dieng Plateau, sangat membantu dalam pelaksanaan di lokasi baik di objek wisata maupun saat menginap di hotel maupun homestay di Dieng.

Baca juga: Perlengkapan yang wajib dibawa saat liburan ke Dieng.

Peralatan yang sebaiknya anda bawa adalah payung, jas hujan (sebaiknya jas hujan plastik yang sekali pakai), obat – obatan pribadi, bawa baju yang sesuai dengan musim hujan (baju hangat / jaket), dan sandal jepit.

Membawa uang tunai secukupnya

Jangan lupa pula membawa uang tunai. Dengan membawa uang tunai yang cukup, bahkan untuk musim hujan ini kalau bisa membawa uang tunai lebih banyak dari anggaran yang telah dibuat. Jadi apabila ada pengeluaran diluar anggaran anda sudah mengantonginya, tanpa anda harus repot – repot menuju ATM.

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *