Informasi harga tiket objek wisata Dieng terbaru

Informasi harga tiket objek wisata Dieng Plateau terbaru, mulai dari wisata alam sampai dengan wisata buatan.

Dataran Tinggi Dieng merupakan tempat wisatanya orang – orang yang beruntung dan bahagia. Berbicara tentang Dieng Plateau rasanya ingin setiap hari berada di tempat tersebut. Hawa yang sejuk dan damai serta bebas dari polusi udara, membuat betah berlama – lama tinggal di Dieng Plateau.

Wisata Alam

Dataran Tinggi Dieng mempunyai banyak destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi, dari wisata alam, wisata buatan, wisata budaya, dan wisata kuliner. Untuk destinasi wisata alam seperti wisata sunirse bukit Sikunir, gunung Prau, bukit Sidengkeng, dan gunung Pangonan dengan Padang Savananya.

Selain wisata gunung ada pula wisata alam yang bisa ditempuh dengan jalan santai, seperti wisata alam Telaga Warna, wisata Telaga Pengilon Dieng, Kawah Sikidang, Tuk Bimolukar, Sumur Jalatunda, wisata Telaga Merdada Dieng, wisata Telaga Menjer, Telaga Cebong, Telaga Dringo, dan Telaga Balekambang.

Wisata Buatan

Sedang untuk kategori wisata buatan adalah Komplek Candi Arjuna yang terdiri dari lima candi, diantaranya candi Arjuna, candi Semar, candi Srikandi, candi Puntadewa, dan candi Sembadra. Cnadi Gatotkaca, candi Bimo, candi Centiyaki, dan candi Dwarawati berada diluar Komplek Candi Arjuna.

Selain bangunan candi yang termasuk wisata buatan di Dieng yaitu Musium kailasa, pemandian air hangat Dqiano, Taman Sailendra, Dieng Plateau Thaeter (DPT), Gansiran Aswatama, dan Telaga Swiwi.

Harga Tiket Wisata Dieng

Untuk harga tiket wisata di Dataran Tinggi Dieng tidaklah mahal, untuk masuk ke Komplek Candi Arjuna yang merupakan tiket terusan ke Kawah Sikidang, harga tiket di tahun 2020 yaitu sebesar Rp 15.000,00 (lima belas ribu rupiah).

Harga tiket yang cukup murah untuk dua lokasi yang berbeda. Diawal tahun 2020 ini sudah diberlakukan tiket barkot yang harus dipegang oleh masing – masing orang, dan tiket hanya berlaku satu hari dari pukul 07.00 sampai 00.00 WIB.

Sedangkan untuk harga parkir kendaraan mulai dari Rp 2.000,00 samapi Rp 15.000,00. untuk kendaraan bermotor Rp 2.000,00, untuk kendaraan roda empat minibus (Avansa, Innova Jazz dll) Rp 5.000,00, untuk kendaraan roda empat mikro bus Rp 10.000,00, dan untuk kendaraan Medium bus Rp 15.000,00.

Pintu Masuk Candi

Ada dua pintu masuk ke Komplek Candi Arjuna. Yang pertama merupakan pintu utama yang berada di sebelah timur. Untuk masuk ke komplek candi tidak terlalu jauh, begitu masuk dari pintu tiket anda langsung dapat melihat Darmasala yang biasa digunakan untuk tempat istirahat dan belajar.

Serta anda bisa melihat sisa – sisa bangunan peninggalan sejarah yaitu Sendang Sendayu, setelah melewatinya anda akan disambut oleh petugas yang membawa selendang untuk anda gunakan di komplek candi.

Sedang dipintu yang kedau adalah di sebelah barat dekat dengan Musium Kailasa dan Candi Gatotkaca. Bila masuk melalui pintu ini, untuk sampai ke komplek candi anda harus jalan kaki sekitar 80 meter.

Suasana yang sejuk sepanjang jalan akan anda dapati, di kanan dan kiri dipenuhi oleh pohon – pohon cemara yang tertata rapi sampai anda melihat komplek candi yang berdiri sangat gagah.

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *