Perlengkapan yang wajib dibawa saat liburan ke Dieng

Liburan ke berbagai tempat dengan persiapan-persiapan yang matang akan membuat kita lebih nyaman dan tenang, dibanding dengan liburan asal-asalan saja tanpa dan ada persiapan yang sesuai. Karena kita akan liburan tentu saja membutuhkan suasana dan perlengkapan yang pas dengan tempat yang dituju.

Tidak mau kan gara-gara persiapan yang kurang matang membuat liburan kita menjadi berantakan. Apalagi kalau liburan kita ke Dataran Tinggi Dieng tentu berbeda dengan tempat wisata yang lain.

Baca juga: Ini dia kelebihan dan keunikan destinasi wisata di Dieng.

Di Dieng Plateau sendiri memang perlengkapan yang dijual oleh pedagang si sudah cukup lengkap. Namun alangkah baiknya jika kita mengetahui dan mempersiapakan lebih dini apa-apa yang yang harus dipesiapkan.

Perlengkapan Wajib Saat di Dieng

Ayo kita kemasi barang-barang kita untuk menuju Dieng Plateau, seperti baju hangat, sarung tangan, syal, kupluk/penutup kepala,kaos kaki, dan sepatu.

Mengapa segala macam barang bawaan begitu banyak harus dibawa saat liburan? tentu akan membuat tas kita menjadi penuh! Ooh jangan ngeluh dulu dong!! gini lho saya ceritain di Dieng itu dingin, bahkan suhu udara di sana tu bisa mencapai titik beku, ndak maukan kita jadi hipo gara-gara ndak mau nurut ama intruksi, weleh weleh kaya kakak pembina aja ya hehehe.

Perlunya Persiapan yang Matang

Persiapan yang matang dalam sebuah liburan sangatlah penting bagi para traveler, terus apa saja yang perlu kita siapakan untuk jalan-jalan ke Dieng agar liburan kita lebih bergairah? Pertama yang perlu kita cermati dan kita pelajari adalah kondisi cuaca,suhu udara, dan medan jalan.

Kondisi Cuaca

Kita bahas dulu cuaca di Dataran Tinggi Dieng ya, aaah udah pernah dengar tentang kota Bogor nah itu dia, cuaca di Dieng hampir sama dengan di Bogor yaitu curah hujan rata-rata pertahunnya yaitu 2.500 mml, yang biasanya untuk kota pada umumnya yaitu 2.000 mml pertahun. Jadi curah hujan di Dieng Plateau cukup tinggi, jadi apa yang harus disiapkan sobat? Nah pinter!!! jas hujan dan payung.

Suhu Udara

Sedangkan suhu udara di Dataran Tinggi Dieng cukup dingin pada malam hari yaitu berkisar antara 60 – 100 c, sedang pada siang hari berkisar antara 120 – 200 c. jadi udah taukan alasanya mengapa harus bawa baju hangat, sarung tangan, syal, penutup kepala, kaos kaki, dan sepatu.

Medan Jalan

Medan jalan di Dataran Tinggi Dieng sudah jalan milik provinsi, namun Big Bus tidak diperbolehkan naik sampai Dieng Plateaunya. Selain Big Bus semua kendaraan boleh melintas sampai Dieng Plateau. Mengapa demikian ya? Karena medan jalan yang sempit, tikungan tajam dan dipenuhi dengan tanjakan-tanjakan terjal.

Nah dengan mengetahui kondisi atau keadaan tempat yang kita tuju, kita akan lebih bersemangat dan ndak ada kata mengeluh, karena ini karena itu, kenapa ndak begini , kenapa ndak begitu, karena persiapan kita udah matang dan siap untuk bervakansi riaaaa.

No Comments

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *