Panduan Lengkap Travelling ke Dieng

Panduan Lengkap Travelling ke Dieng

Tak perlu risau dan galau bagi agan yang minim pengetahuan tentang Dieng Plateau. Kami akan bagi tips travelling ke Dieng yang bisa membuka wawasan agan semua. Dan bagi agan-agan yang ingin liburan, yuk! ikuti panduan dari kami yang tentunya buat agan semakin mengerti tentang apa saja yang perlu dipersiapkan untuk traveling khususnya ke Dataran Tinggi Dieng.

Travelling ke Dataran Tinggi Dieng tentu berbeda dengan liburan ke daerah lain, karena di Dieng Plateau itu merupakan tanah purba yang penuh dengan misteri and beatiful, yuk! ikuti tips-tips berikut ini:

Persiapan Pertama

Saatnya agan semua menyiapkan baju hangat atau jaket tebal, sarung tangan, kupluk, syal. Karena suhu dingin pada malam hari antara 60 -120 dan siang harinya berkisar antara 140 – 200 yang membuat agan wajib untuk mempersiapkannya.

Sebelum agan-agan semua pergi ke Dieng, siapkan dulu kondisi fisik. Jangan sampai saat berada di Dieng jatuh sakit dikarenakan tidak tahan menghadapi suhu udara yang tertalu dingin. Untuk menyiapkan kondisi tubuh agar tetap bugar, sebaiknya jaga pola makan dan olahraga teratur setidaknya dua minggu sebelum bepergian.

Kemasi baju hangat, jaket, sarung tangan, penutup kepala atau kupluk, dan syal ke dalam tas. Setidaknya dengan persiapan yang matang dari rumah, agan semua sudah tidak usah membeli lagi barang-barang yang sudah agan punyai, yahhh bisa dibilang jadi ngiritlah hahaha…

Selain itu jangan lupa membawa pelembab sesuai dengan kebiasaan dan kecocokan agan tentunya, ya kan!! udara yang dingin bisa membuat kulit dan bibir menjadi kering dan bahkan bisa mengelupas, tentunya agan tidak nyamankan jika liburan agan tergangu gara-gara urusan penampilan.

Persiapan Kedua

Untuk bisa ke Dieng agan bisa menggunakan dua moda transportasi lho! Bisa naik kereta api maupun Bus.

Untuk agan-agan yang berasal dari kota Jakarta, bila agan ingin menggunakan moda transportasi bus, dari terminal yang ada di Jakarta, agan cari jurusan yang ke Wonosobo lama perjalanan sekitar 7,5 – 9 jam. Sesampainya di Wonosobo turun di terminal Mendolo Wonosobo. Untuk melanjutkan perjalanan selanjutnya agan bisa naik angkutan kota yang berwarna kuning menuju terminal Dieng dan menganti kendaraan dengan mikro bus jurusan Wonosobo-Dieng-Batur.

Bila agan menginginkan menggunkan moda transportasi Kereta Api, lama perjalanan sekitar 4-5 jam, agan bisa turun di stasiun Purwokerto dan dari Purwokerto agan bisa melanjutkan perjalanan ke Wonosobo dengan menaiki bus jurusan Purwokerto-Wonosobo sekitar 2- 3 jam.

Baca juga: Daftar Stasiun Kereta Api Dekat Dieng.

Namun bila agan-agan ingin menggunakan pesawat sebagai moda transportasi agan bisa mendarat di bandara Adi Soetjipto Yogyakarta, bandara Achmad Yani Semarang, Adi Soemarmo Solo. Untuk selanjutnya agan bisa melanjutkan perjalanana menggunakan bus, travel, sewa mobil, paket wisata ke Wonosobo dan tentunya ke Dieng.

Perjalanan dari Wonosobo menuju Dataran Tinggi Dieng takkan ada bosannya, karena bagi agan-agan yang berasal dari kota besar akan takjub melihat pemandangan alam yang memesona, di kanan dan kiri di penuhi dengan terasiring dan kebun-kebun warga yang sampai ke puncak pegunungan Dieng. Perjalanan yang penuh dengan tanjakan naik terus sampai di Dataran Tinggi Diengnya dengan ketinggian rata-rata 2.000 m dpl.

Persiapan Ketiga

Membuat itinerray perjalanan dan daftar obyek wisata yang ingin dikunjungi selama liburan ke Dieng. Baca juga: Tempat wisata populer di Dieng. Untuk rekomendasi destinasi wisata selama di Dieng.

Leave a Comment