Panduan wisata ke Dieng Lengkap

Panduan wisata ke Dieng Lengkap

Sudah sejak puluhan tahun lalu Dataran Tinggi Dieng sangat digandrungi oleh para wisatawan baik dari domestik sampai mancanegara. Tidak hanya kawula muda bahkan orang tua pun kini tidak sedikit yang menikmati masa pensiun mereka dengan ber-traveling ria ke Dieng.

Baca juga : Panduan Lengkap Travelling ke Dieng.

Bentangan alam yang menakjubkan, udara yang segar, kesenian dan kebudayaan yang unik, serta kulinernya yang lezat mampu menjadi daya tarik tersendiri dari Dieng dan menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata favorit yang layak untuk dikunjungi.

Baca juga: Seputar Dataran Tinggi Dieng, Letak Geografis, Potensi Pertanian, Sosial Masyarakat dan Budaya.

Berada di dataran tinggi dan merupakan salah satu kawasan vulkanik aktif menjadi alasan bagi wisatawan untuk benar-benar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sebelum berkunjung ke Dieng. Berikut ini panduan wisata ke Dieng serta info menarik mengenai Dieng yang patut diketahui traveler yang ingin berkunjung ke Dieng:

Atur Jadwal

Liburan yang lancar sesuai rencana merupakan dambaan bagi banyak pelancong, jadi mengatur jadwal dengan baik sebelum mengunjungi Dieng penting dilakukan. Agar liburan lebih tertib buatlah daftar tempat wisata yang ingin dijelajahi karena menjelajahi seluruh tempat wisata di Dieng tidak cukup hanya sehari.

Baca juga: Panduan Backpacker ke Dieng dari Jakarta.

Suhu Udara

Menentukan waktu yang tepat untuk berlibur ke Dieng juga sangat penting dilakukan. Karena berada di ketinggian kurang lebih 2000 meter di atas permukaan laut, suhu di Dieng cenderung sejuk berkisar antara 12 derajat sampai dengan 20 derajat di siang hari dan 6 derajat sampai dengan 10 derajat di malam hari.

Untuk yang tidak tahan suhu dingin atau memiliki alergi udara dingin sebaiknya tidak berkunjung pada saat musim kemarau (bulan Juli-Agustus), karena di musim kemarau suhu di Dieng menjadi lebih dingin dapat mencapai di bawah nol derajat bahkan sampai turun salju atau penduduk lokal menyebutnya Embun Upas.

Jika berharap dapat menikmati liburan di Dieng dengan tenang dan tidak terlalu crowded hindarilah mengunjungi Dieng saat musim liburan dan akhir pekan.

Dieng Culture Festival

Ingin menikmati Dieng Culture Festival yang biasa dihelat setiap bulan Agustus, pastikan telah memesan tiket acara serta tempat menginap lebih awal.

Menyusun Anggaran Biaya Liburan

Selain menentukan jadwal liburan, membuat estimasi anggaran biaya selama liburan juga menjadi hal yang wajib dilakukan. Untuk menghindari over budget, atur dengan baik pengeluaran selama liburan ke Dieng, mulai dari transportasi dari dan ke Dieng, biaya penginapan di Dieng, makanan, tiket ke lokasi wisata, hingga souvenir khas Dieng.

Mencari Penginapan

Kebanyakan penginapan seperti homestay di Dieng tidak melayani pemesanan secara online, jadi tanyakan harga serta fasilitas yang ditawarkan dengan cermat. Tanyakan juga apakah paket menginap di homesatay sudah termasuk makan, agar tidak perlu lagi membeli makan di sekitar tempat wisata. Ini akan menghemat pengeluaran.

Budget Tambahan

Sediakan budget khusus untuk membeli oleh-oleh khas Dieng seperti manisan buah Carica, gingseng lokal alias Purwaceng, serta keripik kentang.

Bawa Uang Tunai Secukupnya

Bawalah uang tunai secukupnya, karena mesin ATM di Dieng masih terbilang sangat langka. Jangan lupa juga siapkan uang receh, karena di beberapa tempat wisata seperti Bukit Sikunir dan kawasan Candi Arjuna terdapat pengamen musik.

Membuat List Barang Bawaan

Meminimalisir barang bawaan sangat penting dilakukan agar liburan ke Dieng tidak merepotkan. Bawalah barang yang diperlukan saja. Tidak perlu membawa banyak pakaian karena suhu yang dingin tidak akan membuat kita mengeluarkan banyak keringat. Jaket tebal, sarung tangan, kaus kaki, penutup kepala serta masker tidak boleh absen dari daftar barang bawaan.

Sepatu Untuk ke Dieng

Gunakanlah sepatu olahraga atau sendal gunung mengingat sebagian tempat wisata di Dieng merupakan wisata pendakian dan membutuhkan banyak trekking.

Bawalah obat-obatan pribadi serta suncreen atau sunblock. Dokumen pribadi seperti KTP juga tak kalah penting untuk dibawa serta. Ponsel pintar Anda mungkin akan kehabisan daya saat ditengah liburan, siapkan universal travel adapter agar perjalanan tidak terhambat.

Baca Juga: Perlengkapan yang wajib dibawa saat liburan ke Dieng.

Demikianlah beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk berlibur ke Dieng. Jika ingin menggunakan jasa paket wisata Dieng, pilihlah agen wisata yang sudah berkompeten dan berpengalaman.

Karena masih berada di Indonesia, bahasa yang digunakan oleh penduduk lokal adalah bahasa Indonesia dan tentu saja bahasa Jawa. Untuk mata uang yang digunakan adalah rupiah.

Menjaga Stamina

Stamina yang prima dan kesehatan tubuh yang fit saat berlibur ke Dieng adalah hal wajib untuk dimiliki.

Di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung, hormati kepercayaan lokal dengan menjaga sikap serta lisan saat mengunjungi Dieng.

Leave a Comment